Tips Mengatasi Rambut Bercabang

Tips Mengatasi Rambut Bercabang
image decription

Rambut adalah mahkota bagi semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Rambut yang indah adalah rambut yang panjang dan juga sehat. Namun tidak sedikit wanita yang mengeluhkan permasalahan pada rambut seperti rambut yang berkerombe, kering dan rambut yang bercabang. Salah satu masalah yang ditakutkan wanita adalah rambut bercabang, rambut bercabang tentunya bisa mengganggu penampilan serta kepercayaan diri.

Ada banyak sekali faktor yang dapat membuat rambut bercabang, diantaranya karena paparan sinar matahari, kurangnya nutrisi rambut, dan pemakaian berbagai alat styling. Beberapa khasus yang sering terjadi, rambut bercabang disebabkan karena pemakaian alat hairdryer dan juga catok rambut. Maka dari itu sebaiknya Anda menghindari ataupun mengurangi penggunaan alat styling tersebut.

Berikut ini tips untuk mengatasi rambut bercabang tanpa memotongnya, antara lain :

1. Alpukat Dan Minyak Zaitun

Cara mengatasi rambut bercabang yaitu dengan menggunakan buah alpukat dengan campuran setengah sendok teh minyak zaitun. Kemudian basahi rambut dan gunakan campuran bahan tersebut hingga menutupi bagian rambut yang bercabang, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air bersih. 

 

2. Pepaya Dan Yogurt

Buah pepaya selain membantu pencernaan tubuh juga dapat menghilangkan rambut bercabang secara alami. Cara membuatnya yaitu dengan mencampur buah pepaya yang sudah dihaluskan dan dicampurkan dengan yogurt. Kedua bahasn tersebut dioleskan dari akar rambut hingga ujung rambut. Lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. 

 

3. Jangan Basahi Rambut Dengan Air Hangat

Air hangat ternyata dapat menghilangkan minyak alami rambut sehingga merusak kelembaban rambut. Oleh karena itu, sebaiknya jangan membasahi rambut dengan air hangat. Apabila Anda ingin mandi dengan air hangat pastikan jangan sampai terkena rambut. 

 

4. Madu, Yogurt Dan Lemon

Caranya siapkan madu 2 sendok makan, yogurt 2 sendok makan, dan perasan lemon. Campur bahan tadi hingga benar-benar tercampur rata. Lalu oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan diamkan selama sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. 

 

5. Hindari Pemakaian Alat Styling Rambut

Salah satu penyebab rambut bercabang yaitu dengan pemakaian alat-alat styling rambut. Sebaiknya hindari pemakaian catok rambut maupun alat pengering rambut karena dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang. Selain itu, rebonding juga dapat menjadi terganggunya kesehatan rambut. 

 

6. Lidah Buaya

Kandungan lidah buaya selain dapat menghitamkan,menyehatkan rambut serta dapat menghilangkan rambut bercabang secara alami yaitu dengan mengoleskan lidah buaya ke seluruh permukaan rambut, lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. 

 

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang sudah dikenal memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan rambut serta kulit. Untuk mengatasi rambut bercabang menggunakan minyak zaitun caranya yaitu dengan mengolesi minyak zaitun ke permukaan kulit kepala. Setelah itu, diamkan selama 5 menit, kemudian bilas menggunakan shampoo sampai bersih. 

 

8. Telur, Minyak Zaitun, dan Madu

Telur juga dapat menghilangkan rambut bercabang secara alami. Caranya yaitu ambil kuning telur dan campurkan minyak zaitun sebanyak 2 sendok dan satu sendok madu. Lalu oleskan ke permukaan rambut dan lakukan pijatan-pijatan di kulit kepala. Diamkan selama 40 menit agar telur benar-benar meresap ke dalam rambut dan kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan air sampai rambut bersih.