Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula
image decription

Mempunyai usaha atau bisnis sendiri mungkin menjadi impian bagi semua orang karena membuka bisnis pribadi itu waktunya yang lebih fleksibel dan menghadirkan peluang bisnis untuk sumber nafkah bagi orang lain. Pemikiran untuk menjadi pengusaha sudah menjadi tren di semua kalangan masyarakat, terutama kalangan muda.

Bukan sesuatu yang mustahil bagi setiap orang memulai bisnis dari awal bermodalkan kecil hingga bisa menjadi sukses dan bernilai hingga miliaran atau triliunan. Bila Anda terobsesi ingin seperti Bill Gates atau Steve job yang harus Anda ketahui bahwa mereka bisa sukses seperti sekarang ini berawal dari tingkatan terendah. Untuk sukses memulai bisnis tidak selalu berjalan lancar, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar. Bahkan ada pemikiran yang berkata bahwa tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Tapi sebenarnya, semua orang bisa menjadi pengusaha jika mau belajar dan bekerja keras.

Berikut ini tips untuk sukses memulai bisnis bagi pemula :

1. Tentukan bisnis yang akan Anda ambil

Didalam memulai sebuah usaha jika Anda mengalami kebingungan dalam menentukan bidang bisnis, maka saran terbaik adalah mengikuti kemampuan dan bakat Anda.

2. Fokus pada satu peluang bisnis

Dengan Anda fokus pada satu peluang bisnis, maka seluruh ide dan pikiran Anda untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut.

3. Kuasai semua tentang bisnis Anda

Jika Anda harus kuasai semuanya tentang bisnis Anda, Anda harus selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya. Hal ini agar Anda dapat membuat investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan yang tepat.

4. Tunjukan Kelebihan Bisnis Anda

Bagi seorang pengusaha adalah suatu kewajiban memikirkan strategi bisnis yang matang sehingga usaha dapat bersaing dipasaran. Salah satunya yaitu menonjolkan sesuatu yang berbeda dari bisnis orang lain terhadap bisnis Anda yang memberikan nilai plus tersendiri bagi konsumen/pengguna.

5. Perluas Jaringan Bisnis Anda

Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing karena seorang manusia sangat membutuhkan bantuan orang lain, begitu juga dalam dunia bisnis. Bergabung dengan komunitas bisnis terkait usaha Anda merupakan solusinya. Dengan berkonsultasi dengan orang lain dan Anda dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya.

6. Tunjukkan konsep bisnis Anda yang terbaik

Tunjukanlah bahwa konsep bisnis Anda akan sangat menguntungkan bagi para investor. Jalankan konsep bisnis Anda dengan modal seadanya untuk memberi bukti kepada investor.

7. Buktikan dengan tindakan bukan dengan kata-kata

Katakan hal yang mampu Anda lakukan jangan terlalu banyak bicara tetapi Anda tidak dapat berbuat apa-apa, maka perhatikanlah apa yang Anda katakan. Buktikan yang Anda bisa lakukan melalui tindakan bukan melalui kata-kata, karena dengan Anda bertindak orang akan bisa menilai hasil kerjamu.

8. Belajar dari kegagalan

Tidak ada yang pasti di dunia ini, karena tidak semua yang Anda rencanakan selalu berjalan lancar sesuai keinginan Anda. Justru kegagalan harus terjadi untuk mengajarkan Anda dan mempersiapkan Anda untuk menjadi orang yang sukses nantinya. Ketika gagal, jangan putus asa, terus mencoba dan belajarlah dari pengalaman itu.