Tips Memilih Hosting

Tips Memilih Hosting
image decription
Dalam pemilihan hosting anda perlu pula berhati-hati karena terkadang ada perusahaan penyedia hosting yang tidak bagus dalam pelayanan purna jualnya atau servernya sering down. Jika servernya sering down berarti website anda yang berada diserver tersebut tidak bisa diakses dan ini merupakan kerugian besar buat bisnis anda. Pada umumnya sebuah paket hosting terdiri dari :
  • Web space ( disk space) adalah kapasitas data yang dapat disimpan didalam server, semakin banyak data/file yang anda simpan didalam hosting web anda semakin banyak disk space yang terpakai.
  • Bandwith adalah kapasitas transfer/akses data pada web anda. Besarnya bandwith tergantung dari upload yang anda lakukan dan jumlah pengunjung yang mengakses web anda. Semakin banyak pengunjung web anda semakin besar jatah bandwith yang dihabiskan/bulan.
  • Cpanel adalah sebuah control panel yang berbasis web yang sangat memudahkan para pemakai hosting
Berikut ini beberapa tip bagi anda dalam memilih hosting untuk web.
  • Tentukan lokasi server yang diinginkan. Ada dua alternative, server berlokasi di Indonesia atau server yang berlokasi di Luar negeri. Jika target pasar atau pengunjung website anda dari dalam negeri, pilihlah server yang berlokasi di Indonesia, namun jika target pasar/pengunjung anda berasal dari luar negeri, pilihlah server yang berlokasi diliuar negeri. Penentuan lokasi server ini menyangkut pada kecepatan akses terhadap website anda.
  • Jangan melihat pada harga murah yang ditawarkan tetapi perhatikan fasilitas yang ditawarkan. Untuk website berbasis cms, hosting harus mempunyai fasilitas minimal, yaitu FTP, cpanel dan database mySQL.
  • Perhatikan layanan purna jualnya (support), akan lebih baik kalau mereka menyediakan jasa konsultasi online 24 jam atau minimal dalam hari kerja sehingga setiap waktu kita mengalami masalah dapat langsung dikonsultasikan.
  • Berapa tahun mereka sudah beroperasi. Walaupun bukan ukuran yang pasti,semakin lama mereka beroperasi maka semakin profesional mereka.
  • Apakah mereka memberikan garansi terhadap kerusakan yang mungkin terjadi.
  • Apakah mereka melakukan backup terhadap data pelanggannya, biasanya harian atau mingguan.
Demikian penjelasan saya mengenai tips dalam pemilihan layanan hosting..