Tips dasar menjadi programmer handal

Tips dasar menjadi programmer handal
image decription

Pemrogram adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Dan Programmer Adalah julukan bagi orang yang telah melakukan programming dan menghasilkan suatu program.Programmer merupakan seseorang atau sekelompok orang yang sudah sangat ahli di Bidang Komputer. 

Tidak banyak orang yang gemar menjadi seorang programmer,mungkin karena banyak orang yang beranggapan bahwa belajar program itu sangat sulit dan sebagainya,tetapi jika kita mempunyai niat dan keinginan besar dan tidak cepat menyerah kita pasti bisa menjadi seorang programmer handal dan berhasil.
Berikut ini beberapa tips dalam belajar pemrograman agar dapat menjadi programmer handal,diantaranya :


1.Memiliki keinginan atau motivasi
Pada bidang apapun memiliki keinginan yang kuat sangat penting untuk memotivasi kita untuk bertindak lebih baik dan motivasi yang kuat akan membuat kita tidak cepat menyerah.Buatlah komitmen pada diri kita untuk menekuni bidang yang kita sukai.Oleh sebab itu berilah komitmen pada diri kita sendiri dan percaya bahwa dengan menekuni bidang programmer suatu saat akan membuat kehidupan kita berada di jenjang tang lebih baik lagi.

2. Mengerti dahulu "Programming"
Kamu harus tau dulu apa itu programming.minimalnya Kamu harus punya informasi tentang Programming.Sebagian dari kita tidak mencoba mendalami pemrograman, karena mungkin hanya tau sebagian saja. Misalnya hanya tau, “pemrograman itu lo akan nulis kode di texteditor dan lo bisa bikin program”. Kalau hanya itu yang diketahui, wajar saja jika dia tidak tertarik untuk belajar pemrograman.
jika kita tau bahwa dengan pemrograman kita bisa membuat sebuah program yang bermanfaat bagi orang banyak, semua dunia akan senang menggunakan program kita, bahkan dengan program itu kita bisa menjadi kaya raya, kita bisa membuat perusahaan sendiri, kita bisa membuka lapangan pekerjaan baru, dan bisa membuat orang lain bahagia dan sejahtera. Semakin banyak informasi yang kita tahu, maka semakin banyak juga alasan yang kita punya untuk mempelajari pemrograman.

3.Pilihlah bahasa pemrograman yang kita sukai
Banyak sekali bahasa pemrograman yang ada di dunia, mulai dari bahasa mesin, bahasa tingkat rendah, bahasa tingkat menengah dan bahasa tingkat tinggi.Kamu mungkin bisa saja mempelajari semuanya, tapi saya sarankan pilihlah satu terlebih dahulu. Kuasailah satu terlebih dahulu. Jangan pernah berpikir untuk menekuni banyak bahasa pemrograman dalam waktu yang sama jika anda belum mahir pada satu bahasa pemrograman ,jika melakukan hal itu maka akan mempersulit untuk belejar bahasa pemrograman.

4.Memahami Algoritma
Algoritma merupakan langkah - langkah menyelesaikan masalah secara berurutan atau terstruktur yang dapat di buktikan kebenarannya secara logika benar atau salah.Jika anda mau jadi programmer yang handal anda harus memiliki algoritma yang baik begitu kata para programmer.
Mulailah mengerjakan sebuah kasus dengan memikirkan hasil atau output dari program tersebut kemudian ikuti dengan proses penyelesaiannya dan input dari program tersebut.Gunakanlah flowchart untuk membantu menerapkan algoritma sehingga akan mudah untuk paham dalam memecahkan berbagai kasus dalam pemrograman.Jika konsep pemahaman algoritma sudah bagus maka kamu akan mudah dalam mengimplementasikannya ke dalam bahasa pemrograman.

5.Jangan menghapal sintax
Tentu saja sintax itu penting untuk kita ketahui fungsinya,namun dalam pemrograman yang paling utama bukanlah aturan sintax tersebut ,tetapi logika penyelesaian masalahlah yang paling utama harus kamu miliki.

6.Jangan hanya copy paste
Seringkali bagi mereka yang sedang belajar pemrograman hanya melakukan copy paste saja.padahal dengan cara tersebut akan membuat mereka kesulitan untuk handal dalam pemrograman.

7.Buatlah program-program sederhana
Cobalah buat program-program sederhana. Jika Kamu masih sekolah, Kamu bisa mencoba membuat program sederhana untuk mata pelajaran Matematikamu, seperti membuat program “menghitung luas lingkaran”, “menghitung volume balok”.Jika tidak pernah mengerjakan sebuah project sampai benar benar jadi maka kita tidak akan pernah berhasil menjadi seorang programmer yang handal.

8.Jangan Cepat menyerah / Putus asa
Banyak dari kita yang belajar pemrograman menemui banyak kesulitan sehingga membuat kita merasa frustasi dan lelah.maka dari itu kita tidak boleh menyerah dan tetaplah berusaha belajar dan mencoba lebih banyak lagi,dan percaya bahwa kita akan sukses.

9.Bergabunglah di grup-grup atau forum-forum pemrograman
Dari forum kita bisa banyak belajar dan mengetahui informasi terutama bagi kita yang memiliki bidang atau profesi yang sama.Ketika Kita bergabung di forum atau grup pemrograman, ada banyak orang hebat yang bisa Kita tiru dan teladani dari segi programmingnya. Bahkan mereka pun sering memberikan informasi-informasi penting yang mungkin bermanfaat buat Kamu.

10.Berinovasi
Dunia pemrograman pun selalu berinovasi dulu para programmer menyusun program dengan sistem terstruktursekarang kita bisa menerapkan konsep OOP yang di buat untuk memudahkan programmer untuk mengerjakan dan mengembangkan sebuah software.