Strategi SEO yang penting dalam bisnis online

Strategi SEO yang penting dalam bisnis online
image decription

SEO adalah wajib bagi anda yang akan dan yang telah terjun di bisnis online. SEO merupakan cara untuk menarik pengunjung melalui mesin pencari/search engine, karena mayoritas pengguna internet mencari informasi di search engine.Menurut riset, hampir 70 sd 80 persen orang mencari informasi melalui mesin pencari atau search engine. Oleh sebab itu, para pebisnis online harus mengetahui cara supaya situs mereka muncul di mesin pencari.Dengan mengerti strategi membangun Search Engine Optimization (SEO), internet marketing bisa menarik banyak pengunjung secara gratis. Yang membedakan SEO dengan strategi online lain adalah cara ini bersifat gratis.
Berikut ini adalah strategi SEO untuk bisnis online :

 


1.Buat Konten Berkualitas

Pada dasarnya, search engine ingin menampilkan konten terbaik sesuai dengan yang dicari oleh pengguna.Search engine tidak ingin menampilkan konten yang tidak relevan atau tidak berguna. Karena jika konten yang dihasilkan tidak sesuai, itu akan mengecewakan pengguna dan ujung-ujungnya search engine tidak akan digunakan lagi.mesin pencari sangat berkepentingan dengan konten yang bagus. Sebisa mungkin search engine akan berupaya menampilkan konten yang berkualitas.
berikut beberapa kriteria konten yang bagus :

Pertama, membuat informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Jika informasinya cocok dengan yang dicari, sudah pasti pengunjung akan senang dan betah di situs.Tulis dengan gaya bahasa yang sesuai dengan pengunjung. Ini untuk memastikan bahwa informasi disampaikan dengan baik.

Kedua, Tulis untuk Manusia. Pembaca Anda adalah manusia. Maka tulis untuk manusia.Meskipun banyak aturan mengenai cara penulisan SEO, tetapi menulis sesuatu yang enak dibaca itu jauh lebih penting.Selain itu, mesin pencari sudah semakin canggih. Mereka bisa memahami artikel dengan baik.

2.Memahami keyword

pebisnis online yang menggunakan SEO harus memahami ‘kata kunci’ yang digunakan oleh pengunjung atau target market mereka.Kemudian, perlu mengkaji kata kunci apa yang penting dalam usaha ini namun belum banyak persaingannya. Artinya, belum banyak situs sejenis yang mentarget kata kunci.Untuk memahami kata kunci dengan baik, pebisnis perlu paham target pasarnya. Apa yang mereka cari, istilah yang mereka pakai.

3.Membangun backlink

salah satu faktor penting adalah membangun backlink. Backlink adalah link yang diberikan oleh pihak lain ke website anda.Jika link tersebut diklik maka pengunjung akan diantarkan ke website yang diberikan link tersebut.Backlink merupakan bukti bahwa pihak lain menganggap bahwa situs kita penting sehingga layak diberikan sebagai referensi.Walaupun bisa menaikkan rangking situs yang dibacklink secara cepat di halaman pencarian, cara ini juga sangat rentan terdeteksi algoritma Google yang bisa berakibat fatal, yaitu penurunan rangking di search engine (biasanya hampir untuk semua keyword) sampai dengan penalty hingga deindex (jika spamming massal yang dilakukan cukup brutal).Beberapa tahun belakangan, Google Penguin sudah mengakibatkan banyak situs jadi korban.
Berikut beberapa kriteria backlink yang berkualitas :

Pertama, relevan. Backlink diberikan oleh situs dalam niche atau topik yang sama. Misalnya, situs tentang computer sebaiknya mendapatkan link dari situs teknologi.

Kedua, contextual links. Ini adalah link yang berada di dalam konten (artikel). Alasan backlink jenis ini berkualitas adalah karena links yang berada di dalam artikel biasanya related atau relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis).

Ketiga, situs dengan authority tinggi. Link yang berasal dari situs – situs yang bisa dipercaya, nilainya jauh lebih baik dari yang tidak jelas.