Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Tidak seperti pemandian air panas alami pada umumnya yang biasanya berada di lereng atau kaki gunung, lokasi Gunung Peyek ini berada di tengah-tengah persawahan. Kata “gunung” pada nama pemandian ini sama sekali tidak berupa sebuah gunung. Mungkin karena lokasi air panasnya berada di sebuah bongkahan batu yang lebih tinggi dari rata-rata tanah di sekitarnya sehingga warga setempat menamainya Gunung Peyek.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Pasar Ciseeng, Parung, Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke tempat ini, pengunjung bisa menjangkau dengan mengarahkan kendaraan keluar tol Bogor-Parung dan melanjutkan perjalanan ke Kedung Halang. Setelah itu, bisa lansung meneruskan perjalanan ke Kompleks TNI AD hingga sampai ke Kampung Jeletreng. Setelah sampai di kampung ini jangan malu untuk menanyakan kepada warga sekitar jalan untuk sampai ke pemandian air panas alami ini. Sebagai patokan, tempat ini tak jauh dari Wisata Air Panas Tirta Sanita.

Tempat ini memang belum begitu dikenal oleh wisatawan luar Kota Bogor.Namun, hal tersebut memberikan keuntungan bagi para pengunjung yang bisa menikmati suasana sepi pemandian air panas. Terdapat tiga lubang yang membentuk kolam alami air panas yang mengalir sepanjang tahun. Bau belerang sudah lumrah tercium dari lokasi wisata tersembunyi ini. Ukuran masing-masing lubang di Gunung Peyek ini sendiri tidak terlalu besar sehingga Anda mungkin harus antri jika kebetulan pengunjungnya sedang banyak.

Waktu yang paling menarik untuk berkunjung ke tempat ini adalah di sore hari. Kita bisa berendam sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Ditambah dengan suasana di sekitar tempat yang masih terjaga keasriannya. Kita juga bisa melihat hamparan sawah luas di sepanjang perjalanan menuju ke sini. Jika kalian akan berkunjung ke sini, pastikan untuk tidak dating pada saat tengah hari atau saat musim hujan.Ketika tengah hari, bisa dibayangkan betapa panasnya suasana di sini, karena lokasinya yang berada di tengah sawah. Sementara itu, pada musim hujan, ada risiko Anda bisa tersambar petir saat berada di sini.

            Untuk harga tiket masuk ke Pemandian Air Panas Gunung Peyek ini sangat terjangkau sekali yaitu hanya Rp10,000 saja, sangat terjangkau bukan. Kita bisa menghabiskan liburan tanpa mengeluar uang yang banyak. Tempat ini cocok untuk kalian yang menyukali wisata di alam terbuka, bisa mengajak keluarga, teman, rekan kantor atau bersama pasangan.

Air panas memang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Terutama saat tubuh merasa lelah dan pegal-pegal. Salah satu terapi alami untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan meregangkan otot-otot yang kaku dan kencang, salah satunya adalah dengan berendam di air panas. Belerangnya pun memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Pemandian Air Panas Gunung peyek ini memiliki kandungan belerangnya. Masyarakat meyakini bahwa jika berendan di air panas ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut ada beberapa manfaat jika kita berendam disini :

1.      Mengeluarkan racun dari tubuh

2.      Menghilangkan stress

3.      Mengobati penyakit kulit

4.      Mengobati infeksi

5.      Mengobati flu dan sakit kepala

6.      Mengobati insomnia

7.      Memperlancar sirkulasi darah

8.      Mengobati jerawat

9.      Penyakit tulang

10.  Menurunkan kadar kolesterol

 

 

Itulah beberapa manfaat jika Anda berendam di Pemandian Air Panas Gunung Peyek ini. Disini Anda bisa berlibur sehat sekaligus memanjakan diri dengan pesona alamnya yang indah. Sekarang sudah tahu kan mau liburan kemana?.

 

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author