Oscommerce Vs Magento

Oscommerce Vs Magento
image decription

Berawal dari rasa penasaran, engine e-commerce manakah yang terbaik dan paling banyak digunakan orang?. Maka saya coba browsing dan menggunakan tool Google Trends untuk menjawab rasa penasaran tersebut. Berdasarkan data dari google trends diperoleh hasil bahwa oscommerce paling banyak digunakan atau terfavorit. Namun yang mencengangkan adalah kepopuleran dari magento semakin hari semakin meningkat drastic melewati virtuemart dan bahkan diprediksi akan mengalahkan oscommerce. Fitur-fitur yang ditawarkan, team support yang baik menjadikan Magento sebagai The High-End e-commerce Platforms.

perbandingan-osc

Magento Oscommerce Virtuemart

Kelebihan Magento : Selain 100% SEO friendly, pengguna magento akan dimanjakan dengan keunggulan Fiturnya, antara lain Terintegrasi dengan Google Analytics, Google Checkout, Backend Panel yang dilengkapi dengan laporan/grafik penjualan, RSS Feed, Pengiriman ke banyak alamat dan fitur-fitur lainnya.

Kelemahan -
  • Sebagai software e-commerce terbaru maka magento masih rawan akan beberapa Bugs yang mungkin saja ada sehingga masih perlu dilakukan tes. Tapi hal ini dapat diminimalisir dengan beberapa patches yang dirilis oleh team support Magento dan instalasinya pun cukup mudah.

  • Masih sedikitnya dokumentasi dan tutorial menyebabkan sulitnya untuk menkustomisasi ataupun memodifikasi tampilan magento. Tapi mudah-mudahan seiring perjalanan waktu semakin banyak melahirkan master-master magento, InsyaAllah salah satunya yang nulis artikel ini J doain ya..

  • Sebenarnya masalah terbesarnya adalah installasi Magento membutuhkan resources Server yang lumayan besar dibandingkan dengan engine e-commerce lainnya. Space hosting yang dibutuhkan minimal 100MB sehingga biaya untuk sewa hosting juga lumayan besar.

Kesimpulan

Apabila anda memiliki resource yang cukup skill programming, waktu dan dana dan anda bosan dengan engine yang ada sudah saatnya kita beralih ke Magento. Mari kita belajar bersama guna terciptanya para master Magento dari Indonesia. Jangan mau kalah sama orang America. Sebagai langkah awal anda bias mendowload magentocommerce disini http://www.magentocommerce.com