Minuman Khas Betawi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Semakin berpesatnya zaman, banyak sekali makanan maupun minuman yang dijual dengan mengikuti tren yang ada. Karena itu, minuman tradisional makin tergeserkan dan orang pun lambat laun melupakannya. Berikut beberapa minuman khas Betawi yang wajib Anda coba.

1.     Es Selendang Mayang

Es selendang mayang adalah minuman yang memadukan kue kenyal berwarna-warni terbuat dari tepung hunkwe dan disiram dengan kuah santan serta saus gula. Rasanya manis dan sedikit gurih. Minuman tradisional khas Betawi ini sangat menyegarkan jika diminum siang hari dan dapat mengurangi rasa lapar.

 

2.     Es Campur Betawi

Es campur betawi ini berbahan dasar berbagai aneka buah - buahan tropis seperti kelapa muda, alpukat, nangka dan mangga yang dicampur dengan susu cair, sirup atau gula. Memiliki cita rasa yang disukai banyak orang. Spesialnya, Es Campur Betawi biasanya di tambahkan bubur sumsum sebagai pelengkapnya yang menjadikan rasanya lebih sempurna.

 

3.     Es Cendol Betawi

 

Bagi masyarakat Betawi, cendol adalah minuman yang sangat dikenal. Berbahan Dasar Tepung Beras yang disajikan dengan es serut dan kuah santan. Membuat minuman ini menjadi populer untuk disantap pada cuaca yang panas. Mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua menyukai minuman ini karena rasanya yang khas.

 

4.     Es Goyang

1570160938-es-goyang.jpeg

Masih banyak yang bertanya-tanya kenapa es ini disebut es goyang. Es yang terbuat dari bahan dasar santan, gula pasir dan tepung hunkwe ini dijual dengan menggunakan gerobak kayu yang didorong. Gerobak ini bukan hanya berfungsi sebagai tempat menaruh es tetapi juga untuk membuat es goyang yang bergagang lidi bambu ini. Gerobak ini lalu digoyang-goyang yang menjadikan es ini dinamakan es goyang.

 

5.      Es Doger

1570160991-es-doger.jpeg

Bahan yang digunakan untuk membuat es doger adalah serutan kelapa, susu, tape dan gula Bahan-bahan tersebut kemudian dicampurkan dalam sebuah gelas. Gelas diisi dengan es batu yang diserut, kemudian diberikan berbagai macam buah-buah sebagai pelengkapnya. Kemudian bagian akhirnya adalah susu yang dilumerkan di atasnya. Rasa es ini tentu sangat nikmat. Bila berada di suasana yang terik, minuman jenis ini sangatlah menggugah selera. Jadi, Anda pasti sulit untuk menolak minuman tersebut.

 

6.      Bir Pletok

1570161040-bir-pletok.jpeg

Banyak yang belum tahu apa itu bir pletok. Selain tidak mengandung alkohol, minuman tradisional ini ternyata punya banyak manfaat. Bir pletok jadi salah satu minuman tradisional khas Betawi yang punya beragam manfaat. Meski menyandang kata 'bir', bir pletok tidak mengandung alkohol. Bir pletok justru terbuat dari lada, jahe, dan kulit kayu secang. Kulit kayu secang inilah yang membuat bir pletok berwarna merah. Minuman ini awalnya diracik lantaran dahulu banyak orang Betawi yang melihat kebiasaan warga Belanda di Indonesia. Warga Belanda selalu mengonsumsi wine di dalam sebuah perayaan.

 

 

Itulah beberapa minuman khas Jakarta atau lebih tepatnya Betawi yang belum banyak orang tahu. Mari kita lestarikan minuman tradisional agar keberadaanya semakin dikenal banyak orang. Karena minuman tradisonal tidak kalah enak dengan minuman yang ada pada zaman sekarang.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author