Menjelajah Tempat Wisata Dibandung yang Begitu Populer dan Mempesona

Pesona Bandung yang memukau selalu memiliki tempat di hati para wisatawan. Panorama alamnya yang indah, keragaman destinasi wisata, serta suasananya yang sejuk membuatnya selalu menjadi tujuan utama kala liburan tiba, tak terkecuali libur Lebaran.

Buat kamu yang menjadikan Bandung sebagai pilihan untuk berlibur, berikut sederet destinasi wisata yang menarik dikunjungi lho. Mulai dari tempat hiburan yang pas untuk keluarga hingga wisata alam bernuansa perbukitan, semuanya dapat kamu temukan di sana.

Penasaran apa saja? Yuk kita simak bersama.
 

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah-Putih-Ciwidey1.jpg
Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.
 
Letusan hebat oleh Gunung Patuha pada abad ke 10 membuat banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Karena kepercayaan tersebut, tidak ada orang yang berani mendekati kawasan ini sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Patuha demi ilmu pengetahuan.
 

2. Gunung Tangkuban Parahu

objek-wisata-gunung-tangkuban-perahu-bandung-jawa-barat.jpgGunung Tangkuban Parahu salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.
 
Daerah Gunung Tangkuban Parahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17 oC pada siang hari dan 2 °C pada malam hari. Gunung Tangkuban Parahu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceousatau hutan gunung.
 

3. Farmhouse Lembang

lembang.jpgPertama kali dibuka pada akhir 2015, destinasi wisata yang berlokasi di utara kota Bandung, Jawa Barat ini mengusung tema pedesaan di wilayah Eropa. Itu bisa terlihat dari bentuk bangunan rumah yang sangat khas dan fasilitas hiburan yang disediakan di dalamnya tergolong lengkap. Gak cuma itu, pemandangan yang disajikan juga sangat indah karena banyak banget bunga warna-warni yang tumbuh layaknya di negara Belanda. Udaranya pun sangat sejuk, jadi gak perlu khawatir kepanasan lagi.
 
 
Buat kamu yang belum sempat pergi ke Eropa, ini bisa jadi referensi liburan yang amat menyenangkan dan seru bareng orang terdekat.
 

4. Orchid Forrest Cikole Lembang

harga-tiket-orchid-forest-lembang.jpgTerletak di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Orchid Forest Cikole merupakan hutan wisata yang cantik dan asri. Layaknya hutan wisata, kamu bakal dimanjakan, nggak cuma sama pemandangannya, tetapi juga berbagai spot foto yang menarik. Dibalut dengan hamparan hutan pinus yang sejuk, ekowisata yang satu ini juga dikenal dengan taman bunganya.
 
 
Bukan semarang taman bunga, karena Orchid Forest Cikole memiliki sekitar 157 jenis bunga anggrek yang tersebar di tanah seluas 12 hektar. Menariknya, bibit anggrek di Orchid Forest Cikole nggak cuma berasal dari Indonesia. Beberapa sudut taman anggrek ini bisa ditemukan bunga dengan bibir yang langsung diimpor dari negara Amerika Selatan seperti Venezuela, Amerika Serikat hingga Peru.
 

5. Green Canyon Cikahuripan

Cikahuripan Lembang, merupakan tempat wisata yang berada di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Kabarnya Cikahuripan ini termasuk kedalam golongan anakan sungai Citaru purba. Nama Cikahuripan ini diambil dari bahasa Sunda, yang mana memiliki arti sebagai air yang membawa kehidupan.
 
4.jpgKonon katanya, warga-warga yang berada di sekitaran kawasan wisata Sungai Cikahuripan ini mempercayai bahwa air yang berasal dari Cikahuripan ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa, terutama dalam hal pengobatan.
 
Keindahan dari tempat wisata ini bukan hanya berasal dari air atau sungai yang ada di kawasan tersebut, namun yang menjadi daya tarik utama dari kawasan tersbeut adalah tebing-tebing yang berada di sekitaran tempat wisata Cikahuripan yang kabarnya sangat mirip dengan Green Canyon.
 
 
 
Nahh, itu dia Tempat Wisata Dibandung yang Begitu Populer dan Mempesona. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel ini. Sukses selalu dan terima kasih.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author

Saya sangat tertarik terhadap dunia digital marketing, desain grafis, dan optimasi google. Saya sangat suka mempelajari hal-hal yang baru, karena dari situ saya bisa mendapatkan pembelajaran yang pastinya berharga sekali untuk diri saya.