Menjalankan Diet Bagi Penderita Maag

Menjalankan Diet Bagi Penderita Maag
image decription

Hampir sebagian besar orang menginginkan postur tubuh yang ideal, dengan tinggi dan berat badan yang proporsional. Namun karena berbagai hal terkadang berat badan seseorang bisa lebih kurus bisa juga lebih gemuk atau over weight, hal yang sering kali dapat dilakukan dalam mengatasi kegemukan adalah dengan menjaga pola hidup sehat serta diet sehat yang ketat. Akan tetapi ternyata menjalankan diet dengan segala macam aturan juga bukan hal yang mudah bisa diterapkan begitu saja, terkadang sering kali hambatan-hambatan dalam menjalankan diet muncul diantaranya adalah timbulnya penyakit Maag.

Maag merupakan penyakit gangguan pencernaan terutama pada lambung yang terjadi akibat meningkatnya tingkat keasaman dalam lambung. Diet yang mengatur pola hidup sehat mulai dari olahraga hingga pola asupan makan kita tentunya membuat kita harus menahan lapar dan bersabar terhadap makanan. Nah pola makan yang berubah inilah yang sering kali menjadi pemicu timbulnya penyakit maag, kondisi lambung dengan jadwal makan yang tidak teratur mengakibatkan lambung kesulitan dalam beradaptasi sementara produksi asam lambung terus menerus meningkat. Dinding mukosa yang ada pada lambung tentu akan mengalami iritasi. Akibatnya muncul rasa mual, perih dan sakit pada perut sehingga berakhir pada gagalnya diet.

Bagaimana Diet Yang Benar Bagi Penderita Maag?

1. Membuat Jadwal Pola Makan
 
Hasil gambar untuk jadwal pola makan
 
 
Hal pertama yang bisa dilakukan dalam menjalankan diet bagi penderita maag adalah dengan membuat jadwal untuk pola makan yang sehat, buatlah jadwal makan Anda sebanyak tiga jam sekali dengan jumlah porsi yang sedikit saja. Usahakan jangan pernah menunda waktu makan, sebab perut yang terlalu lama dibiarkan kosong akan mengakibatkan tidak adanya makanan atau minuman yang akan dicerna olah lambung. Asam lambung memiliki sifat mengikis (iritatif), jadi apabila dalam lambung tidak terdapat makanan atau minuman yang dicerna, maka asam lambung akan mencerna lapisan atau dinding lambung kita sendiri. Kondisi ini dapat memperburuk keadaan maag anda bahkan dapat memicu terjadinya tukak lambung. Untuk itu, usahakan untuk tidak menunda waktu makan dan mulailah tepat waktu pada jadwal makan Anda.
 
2. Hindari Makanan Pemicu Maag
 
Hal yang selanjutnya yang perlu Anda lakukan agar dapat menjalankan diet tanpa gangguan maag adalah dengan menghindari jenis makanan yang dapat memicu timbulnya penyakit maag. Seperti misalnya makanan yang keras dan sulit untuk dicerna, sebab makanan-makanan yang sulit dicerna membuat lambung kita bekerja lebih ekstra. Akibatnya proses pengosongan perut akan semakin lama dan produksi asam lambung akan semakin meningkat. Makanan pemicu timbulnya maag tersebut diantaranya: goreng-gorengan, makanan yang mengandung kadar lemak tinggi, coklat, kue tart yang mengandung banyak krim, keju, hindari mengonsumi makanan pedas serta bergas setelah dikonsumsi seperti cabai, paprika, lada atu merica serta bumbu yang memiliki aroma kuat. Serta makanan-makanan lain seperti kol, sawi, nangka, buah kedondong dan pisang ambon. Begitu juga jenis buah-buahan yang sudah dilakuakan pengeringan atau diawetkan melalui pengeringan.
 
3. Jauhi Kebiasaan Merokok
 
Cara diet bagi penderita maag yang ketiga adalah dengan membiasakan pola hidup sehat. Pola hidup yang tidak sehat juga ternyata sering kali menjadi pemicu timbulnya penyakit maag, seperti merokok. Kegiatan merokok memicu produksi asam dan gas berlebih dalam lambung, sehingga mengakibatkan perut menjadi kembung, mual serta nyeri meskipun tidak sedang terlambat makan. Merokok juga sering kali dapat memicu dan menambah sekresi asam lambung akibatnya maag semakin parah bahkan bisa menyebabkan tukak lambung.
 
4. Olahraga Teratur
 
Hasil gambar untuk olahraga teratur
 
 
Selain menghindari pola hidup yang kurang baik, pola hidup sehat yang dapat Anda lakukan dalam menjalankan diet adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Kegiatan ini bisa membuat diet Anda semakin maksimal dan mempermudah Anda dalam menghasilkan berat badan yang ideal. Lakukan olahraga setiap pagi atau sore hari dengan melakukan jenis olahraga yang ringan, seperti berlari, berjalan, bersepeda dan lain hal.
 
5. Istirahat Cukup
 
Hasil gambar untuk istirahat yang cukup
 
Dalam menjalankan diet bagi penderita maag, tidak hanya pola dan jadwal makan yang harus diatur. Pola tidur dan istirahat juga harus diatur agar dapat memaksimalkan diet yang dijalani, karena ternyata tidur yang kurang serta pola yang salah sering kali menjadi penyebab utama timbulnya penyakit maag. Usahakanlah untuk tidur selama 7 sampai dengan 8 jam perharinya.
 
6. Menjaga Kondisi Emosional
 
Terakhir, cara yang dapat Anda lakukan dalam menjalankan diet bagi penderita maag adalah dengan menjaga kondisi emosional Anda. Meskipun stress bukan menjadi penyebab munculnya penyakit maag, namun kondisi stress sering kali menjadi penyebab kondisi maag semakin buruk. Hal ini tentu dapat membuat proses penyembuhan maag semakin lama. Untuk itu usahakan untuk selalu menjaga kondisi emosional Anda agar tidak stress, selalu berfikir positif dan hindari pikiran-pikiran yang buruk.
 
Dan itulah beberapa tips dan kiat ampuh dalam menjalankan diet bagi penderita maag, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menjalankan diet terutama bagi Anda yang menderita maag. Agar Anda tetap dapat menjalankan diet tanpa gangguan sehingga keinginan untuk memiliki postur tubuh yang ideal segera Anda capai. Semoga bermanfaat, Be Healthy !