Menikmati Keindahan Alam di Bukit Alesano

Mungkin tidak semua orang tahu Bukit Alesano ini. Bukit yang terletak di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor berdekatan dengan Balai Embrio Ternak yang tidak jauh dari Kampung Pasir, Kecamatan Cijeruk. Bukit Alesano tak lain adalah area camping yang cukup luas, namun pengelolaannya masih dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi di tahun 2012 silam. Pemandangan di siang hari terlihat biasa saja, namun akan tampak indah di pagi atau malam hari. Dari atas bukit ini, kita bisa melihat pemandangan hingga 360 derajat ke sekelilingnya, termasuk Gunung Gede Pangrango, hamparan perbukitan, sawah, dan pemandangan Kota Bogor dengan rumah-rumahnya yang padat.

Untuk menuju bukit ini, jika Anda berangkat dari Kota Bogor, Anda memerlukan waktu sekitar satu jam berkendara dengan melewati rute kawasan Empang, Cipaku, Jalan Raya Cihideung, dan Cijeruk dengan patokan Balai Penelitian Embrio Cijeruk yang berselang sekitar 30 menit. Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Stasiun Kereta Api Batu Tulis, Bogor. Setelah itu, ikuti jalan dan Anda akan menemukan perpecahan jalur. Di tempat ini, Anda ambil arah ke kanan yang terdapat jembatan besar. Kemudian, ikuti saja jalan tersebut hingga Anda melewati tempat agrowisata Warso Farm. Dari tempat wisata tersebut, terdapat pecahan jalan lagi dan sebuah plang kecil di sisi kiri jalan yang menunjukkan arah ke Balai Ternak Embrio.

Setelah menemukan plang tersebut, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda ke kanan untuk menuju Balai Ternak Embrio. Ikuti jalan ini dan tidak begitu jauh, Anda akan menemukan sebuah jembatan dengan sebuah plang besar Balai Ternak Embrio. Setelah menemukannya, Anda dapat belok ke arah kiri dan terus melewati beberapa portal di jalan sampai bertemu gapura besar sebagai pintu masuk Balai Ternak Embrio. Sebelum gapura tersebut, terdapat sebuah jalan ke arah kiri dan Anda bisa mengikuti jalur tersebut untuk tiba di Bukit Alesano. Yang perlu diingat, jalan pada titik ini masih rusak, terdiri dari pasir dan kerikil atau bebatuan, sehingga Anda harus lebih berhati-hati.

Setibanya Anda di tempat parkir Bukit Alesano, Anda akan dikenakan tarif parkir kendaraan bermotor sebesar Rp10.000 untuk sepeda motor. Nah, untuk masuk kawasan Bukit Alesano dan ingin camping, pengujung pun harus membayar tiket dengan harga Rp15.000 per orang per malam. Setelah selesai melakukan registrasi di loket tiket, Anda bisa berjalan kaki menuju area camping ground.

Di malam hari, pemandangan di Bukit Alesano memang cenderung diselimuti kabut tebal dan udara yang sangat dingin karena angin bertiup dengan kencang. Namun, ketika kabut menghilang, Anda dipastikan akan takjub dengan pemandangan Kota Bogor yang dipenuhi dengan lampu berwarna-warni, yang membuat suasana malam menjadi sedikit romantis.

Tempat ini sendiri memang menjadi salah satu spot menakjubkan untuk berkemah atau camping. Untuk bisa camping sambil menyatu dengan alam, Anda dapat membawa peralatan berkemah sendiri dari rumah. Namun, jika Anda belum membawanya, di Bukit Alesano juga telah disediakan persewaan alat-alat tenda dengan harga bervariasi, sesuai dengan kapasitasnya. Setelah melihat lokasi, Anda pun bisa memesan kavling strategis untuk mendirikan tenda sekaligus minta dipasangkan. Jadi, ketika datang, Anda sudah langsung terima beres. Namun, biasanya waktu camping untuk pengunjung dibatasi hingga jam 11.00 WIB keesokan harinya.

Seiring dengan makin banyaknya wisatawan yang datang berkunjung, di kawasan Bukit Alesano pun telah disediakan beberapa fasilitas penunjang. Bagi Anda yang ingin buang hajat atau membersihkan diri, di sini sudah terdapat toilet. Sementara, bagi wisatawan Muslim yang tidak ingin melewatkan ibadah rutin, pengelola Bukit Alesano juga sudah menyediakan musala.

Anda sebenarnya bisa membawa bekal sendiri dari rumah. Tetapi, jika Anda kelupaan atau tidak sempat bersiap-siap, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, di Bukit Alesano juga telah didirikan beberapa warung yang menyediakan berbagai makanan ringan seperti pisang goreng dan juga beberapa minuman hangat seperti teh dan kopi. Sementara, untuk mereka yang perlu mengisi baterai gadget, bisa melakukan charge baterai di warung atau base-camp, meski terkadang harus antre dengan pengujung lain.

Untuk Anda yang saat ini ingin berwisata dan camping di Bukit Alesano jangan lupa untuk membawa air secukupnya karena di bukit ini susah untuk memperoleh air bersih. Kemudian, siapkan fisik dan kendaraan dengan baik. Pengujung disarankan untuk tidak membawa kendaraan roda empat karena di tempat tersebut hanya tersedia area parkir untuk sepeda motor. Jika Anda ingin suasana yang tenang, jangan berkunjung ke Bukit Alesano ketika akhir pekan. Pasalnya, setiap weekend, bukit tersebut dipastikan penuh. Tetapi, jika waktu berkunjung Anda hanya di akhir minggu, lebih baik datang lebih awal sebelum jam tiga sore. Pasalnya, di jam-jam tersebut, area bukit masih relatif sepi sehingga Anda bisa memilih tempat yang pas untuk camping.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author