Mengapa Toko Online Perlu Business Plan

Mengapa Toko Online Perlu Business Plan
image decription

Apakah anda pemilik toko online? atau mungkin anda ingin memulai usaha toko online? Saat ini memiliki toko online bukanlah sesuatu yang sulit, anda tidak perlu banyak me-stok barang atau bahkan tidak perlu stok( Dropshiper), begitu banyak penyedia jasa pembuatan toko online yang dapat membantu anda membuatkan toko online, makin luasnya akses informasi sehingga mempermudah anda untuk belajar seo dan ilmu lainnya.

Namun perlu diingat bahwa toko online adalah juga sebuah bisnis, yang dimana agar bisnis tersebut sukses diiperlukan sebuah perencanaan dan evaluasi berkala. Faktanya Business Planning membantu bisnis untuk berkembang dan mencapai tujuan dalam berbisnis. Jadi sudah sewajarnya anda membuat business plan sebelum anda me-launching toko online anda.

Setidaknya ada beberapa langkah yang perlu dipersiapkan untuk membuat business plan (calon)Toko Online

Apakah Unik/Niche = Profit ? Kesalahan tersering yang dilakukan oleh Pebisnis Toko Online adalah beranggapan bahwa produk yang unik/niche akan memberikan keuntungan atau profit yang besar. Apakah benar ide bisnis anda bagus? apakah ada orang yang tertarik menggunakan produk yang anda jual? Apakah pasarnya luas? Cara termudah untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan menggunakan tools "Google Keywords Planner" yang dapat dimanfaatkan secara Gratis. rompi anti peluru Jika saya bermaksud ingin membuka toko online yang menjual produk "Rompi Anti Peluru" walaupun dengan tingkat kompetisi yang rendah namun saya harus mempertimbangkan bahwa ternyata dalam sebulan hanya ada 600 pencarian. Dengan data ini anda dapat memproyeksikan berapa omset yang akan diterima, strategi apa yang harus ditempuh dan estimasi biayanya sehingga anda dapat perkiraan profit yang akan didapatkan setiap bulannya.

Menentukan Value Preposition dan USP Salah satu ancaman terbesar dalam eksistensi toko online adalah "Similarity atau kesamaan". Dengan banyaknya toko online yang menawarkan produk yang sejenis dan era "copy paste" yang mempermudah competitor untuk meniru produk ataupun strategi berbisnis yang Anda buat, secara langsung atau perlahan-lahan akan mengancam kelanjutan bisnis anda.Oleh karen aitu agar bisnis dan produk anda tidak menjadi komoditas dan dapat sukses serta bertahan lama maka bisnis tersebut harus "standout" dan caranya adalah dengan menentukan/mengembangkan Value Preposition dan Unique Selling Preposition.

Menentukan Tujuan dan Milestone Salah satu kunci dalam menjalan bisnis adalah kejelasan tujuan dan kemampuan untuk mengukur sudah sejauh mana pencapaian (milestone) dari tujuan tersebut. Ibarat seorang pendaki gunung yang ingin mencapai puncak sebuah gunung. Untuk mencapai puncak pendaki tersebut harus melewati sungai di kaki gunung, kemudian melewati air terjun, hutan cemara, dan jurang. Mustahil pendaki tersebut mencapai puncak tanpa perlu melewati rute-rute tersebut dan untuk melewati rute-rute tersebut terkadang dibutuhkan persiapan dan strategi yang khusus. Bagi pendaki puncak adalah tujuan dan sungai, air terjun, jurang dan hutan cemara adalah milestone. Anda harus dapat menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam satu periode Business Plan dan tahapan-tahapan (milestone) untuk mengukur pencapaian tujuan tersebut. Untuk tips dalam menentukan tujuan dapat dibaca di sini

Menyiapkan Data Keuangan Setidaknya Anda harus mempersiapkan data-data keuangan seperti laporan kinerja keuangan tahun lalu atau jika Anda baru akan memulai toko online Anda harus menyiapkan data estimasi modal yang diperlukan, Proyeksi omset, proyeksi profit dan data keuangan lainnya. Setelah anda mengerti akan pentingnya memiliki Business Plan maka selanjutnya Anda dapat membaca artikel bagaimana cara membuat business plan

Semuanya kembali kepada Anda, Apakah anda merasa perlu membuat business plan untuk bisnis online anda atau anda memiliki pendapat lain? Silakan tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah.