Mau Holiday Ke Bandung? Jangan Lupa Mampir ke 5 Danau Indah Ini!

Berlibur dan menghabiskan waktu di tepi danau adalah kegiatan wisata seru yang mengasyikkan, dan salah satu wilayah yang memiliki obyek tersebut cukup banyak alternatifnya adalah Bandung. Wilayah sekitar kota ini memiliki panorama alam berbentuk “Situ” yang sangat menawan. Apalagi, seluruhnya memiliki udara yang dingin sehingga kesan romantis nan tenang dan menyejukkan dapat tercipta bagi anda yang berlibur di danau indah bersama pasangan. Tempat wisata Bandung yang menarik ini dapat anda kunjungi dengan panduan yang disediakan portal Wisatania di bawah ini.
 
Adapun daftar tempat wisata yang berbentuk danau di wilayah Bandung ini adalah sebagai berikut:
 
1. Situ Patenggang. Obyek terpopuler di Bandung yang berbentuk danau romantis ini merupakan salah satu tempat wisata Ciwidey yang diandalkan. Rasanya hingga saat ini belum ada pengunjung yang datang ke wilayah tersebut tanpa mengunjungi situ Patenggang. Apalagi jika wisatawannya kaum muda yang sedang jatuh cinta, pasti mampir ke sini dan mengikrarkan janji setia kepada pasangannya di depan batu besar, bertingkah mengikuti legenda romatis yang melatar-belakangi keberadaan danau ini.
 
Situ-Patenggang-Patengan.jpg
Situ Patenggang
 
 
 
2. Situ Cipanunjang. Mungkin bagi masyarakat yang bukan penduduk asli dari Bandung belum pernah mendengar nama danau yang tersembunyi dan terletak di tengah hutan di Pangalengan ini. Bukti bahwa kawasan ini sangat sejuk adalah letaknya yang berada di pegunungan dengan ketinggian 1100 Dpl. Waktu tempuh dari pusat kota hanya sekitar satu jam atau 45 Kilometer ke arah selatan. Ini merupakan salah satu wisata murah yang disukai banyak orang. Lokasi Situ Cipanunjang berada di sebelah Situ Cileunca, dan bahkan anda harus menggunakan perahu dari Cileunca jika ingin melihat keindahan Cipanunjang.
 
32704c52-situ-cipanunjang-300x176.jpg
Situ Cipanunjang
 
 
 
 
3. Situ Cileunca. Danau ini paling terkenal di kawasan Pangalengan dan merupakan obyek wisata yang sangat tenang dan damai di sanubari. Dari namanya, tempat ini cukup populer, tetapi kenyataannya sehari-hari tidak banyak pengunjung yang datang menikmati keindahan panorama yang tercipta, kecuali di akhir pekan dan musim liburan. Luas Situ Cileunca ini sebesar 1400 hektar sehingga juga dimanfaatkan sebagai PLTA karena debit air yang cukup menunjang. Anda bisa membayangkan kondisinya mirip dengan tempat liburan di Purwakarta yang berbentuk danau dan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Selain menikmati keindahan alam dengan menggunakan perahu, anda juga bisa melakukan kegiatan arung jeram di sungai yang bermuara ke Situ Cileunca yaitu sungai Palayangan.
 
Situ%2BCileunca%2BPangalengan%2BBandung.jpg
Situ Cileunca
 
 
 
4. Situ Lembang. Banyak orang yang memperbincangkan kemisteriusan danau yang terletak di ketinggian 1567 Dpl di kawasan wisata Lembang, di Bandung ini. Bukan karena angker, melainkan karena Situ Lembang merupakan daerah terlarang yang merupakan pusat latihan Kopassus. Anda perlu mengurus ijin khusus di markasnya jika ingin melihat keindahan obyek ini. Lokasi Situ Lembang berada di desa Kertawangi kecamatan Cisarua, yang merupakan area di perbatasan pegunungan Tangkuban Perahu dengan gunung Burangrang. Jika ijin memasuki kawasan ini telah anda dapatkan, pastikan mengambil gambar dengan kamera anda sebanyak-banyaknya apalagi hutan pinus yang mengelilingi tempat ini sangat indah dituangkan dalam foto panorama yang anda ciptakan.
 
situ-lembang-bandung-574f7a3f83afbd7123749e5b.jpg
Situ Lembang
 
 
 
5. Situ Umar (Floating Market). Situ Umar adalah danau yang dijadikan sebagai pasar apung. Lokasi yang mancing dan dekat dengan pasar Lembang tersebut menjadi wisata danau keren terpopuler di Bandung saat ini. Kegiatan pasar di atasnya tidak mengurangi keasyikan memancing bagi pecinta situ Umar. Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, sebaiknya jangan saat liburan high season karena popularitasnya membuat ribuan orang penasaran dan jika jumlah pengunjungnya membludak, maka kenyamanan anda berlibur di obyek keren ini jadi berkurang. Kecuali jika memang yang anda cari suasana hiruk pikuknya yang memang menarik.


le2-anakjajan.jpg
Situ Umar (Floating Market)

 

Demikianlah informasi dan pedoman berlibur menikmati keindahan panorama wisata alam di bandung yang khusus berbentuk danau. Sebenarnya ada lagi yang cukup dekat aksesnya dengan ibukota Jawa barat, yaitu Situ bagendit, tetapi tidak kami masukkan dalam ulasan ini, karena lokasinya masuk dalam kawasan wisata Garut.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author

Saya sangat tertarik terhadap dunia digital marketing, desain grafis, dan optimasi google. Saya sangat suka mempelajari hal-hal yang baru, karena dari situ saya bisa mendapatkan pembelajaran yang pastinya berharga sekali untuk diri saya.