Manfaat Ubi Jalar Untuk Kecantikan

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan ubi jalar, bukan? Ubi Jalar adalah salah satu jenis umbi-umbian yang biasanya sering jadikan keripik, kolak, ataupun makanan yang lainnya bahkan terkadang ada juga yang memnjadikan ubu jalar sebagai pengganti makanan pokok.

Ubi jalar mengandung Omega 3, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng, serta vitamin A, B, C, K dan vitamin E. Warna ubi jalar yang kuning cenderung jingga menandakan tingginya kandungan beta-karoten dan antosianin di dalamnya. Beta-karoten dan antosianin ini berperan penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Berikut ini beberapa manfaat ubi jalar, diantaranya :

1. Mengatasi Lingkaran Hitam atau Mata Panda

Cara mengatasi lingkar hitam mata atau mata panda tidak hanya dengan timun atau kantung teh celup saja, tetapi ubi jalar juga mampu mengatasi lingkaran hitam atau mata panda. Dengan cara mengambil potongan ubi jalar segar yang sudah didinginkan kemudian tempelkan dimata. Lalu diamkan selama beberapa menit agar nutrisinya terserap kulit.

 

2. Mengatasi Kulit Berminyak

Ubi jalar dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya rebus ubi jalar, biarkan hingga dingin lalu haluskan. Kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan oleskan pada wajah sebagai masker. Setelah itu, diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.

 

3. Menjaga Elastisitas dan Kecantikan Kulit

Ubi jalar merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C dibutuhkan untuk memproduksi kolagen yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit. Selain itu vitamin A dan vitamin E dalam ubi jalar akan menjadikan kulit lebih indah dan sehat. Oleh karena itu, konsumsilah ubi jalar secara rutin.

 

4. Meningkatkan Tekstur Kulit

Caranya dengan merebus ubi jalar dan jangan membuang air rebusannya, karena air rebusan tersebut mengandung nutrisi yang dapat membantu meningkatkan tekstur kulit sekaligus membersihkannya. Setelah mendidih saring air rebusan ubi jalar, kemudian simpan dalam botol dan letakkan di lemari es untuk mendinginkan. Lalu gunakan air ubi jalar sebagai toner untuk kulit wajah. Toner alami ini akan membantu menyerap kotoran, membersihkan pori-pori, dan menenangkan kulit yang teriritasi.

 

5. Menghaluskan Tumit

Jika tumit kaki kering dan pecah-pecah, gunakan air rebusan ubi jalar yang masih hangat untuk merendam kaki agar terlihat halus. Hal ini akan membantu menyingkirkan tumit pecah-pecah yang menyakitkan.

 

6. Melembabkan Kulit

Cara untuk membuat scrub ringan yaitu, ambil 1/2 cangkir ubi jalar rebus, 1 sdm oatmeal, dan 1sdm yogurt, lalu campur semuanya untuk membentuk pasta kasar. Gunakan campuran ini untuk menggosok kulit dengan gerakan melingkar lambat, lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu, lanjutkan dengan melembabkan kulit dengan pelembab favorit.

 

7. Mencegah Penuaan Dini

Untuk meremajakan kulit yang kering, caranya dengan mengambil satu ubi jalar yang berukuran besar dan didihkan sampai menjadi lunak sehingga kulitnya dapat dikupas dengan tangan. Kemudian ambil 1 sdm madu, 1 sdm susu, dan 1 sdm air jahe, lalu blender dari rimpang jahe dan kemudian disaring menggunakan kain halus. Setelah itu, campurkan semua bahan sampai menjadi adonan halus, lalu oleskan sebagai masker ke wajah dan leher yang bersih. Kemudian diamkan selama 20 – 25 menit, lalu bilas dengan air hangat. Jikan masih ada sisa masker wajah yang tidak terpakai dapat disimpan dalam lemari es hingga 2 – 3 hari.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author