Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang dibuat dari daun teh Camellia Sinensis yang dipetik dan mengalami proses pengeringan untuk mencegah oksidasi. Teh hijau kaya akan antioksidan, sehingga teh hijau mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Selain itu, teh hijau juga mempunyai kandungan vitamin, saponin, theophyline, theobromine dan lainnya yang dapat melawan infeksi dan membantu menjaga agar suhu tubuh tetap optimal.

Setiap orang khususnya wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang bersih, cantik, dan juga sehat. Oleh karena itu, teh hijau sangat cocok digunakan sebagai bahan alami perawatan kulit wajah karena manfaat yang diberikan sangat banyak dan baik untuk kecantikan. Menurut praktisi kesehatan dan kecantikan, teh hijau sangat ampuh untuk membantu proses diet dan penurunan berat badan.

Adapun manfaat teh hijau untuk kulit wajah, sebagai berikut : 

1. Mengatasi Jerawat Dan Kulit Berminyak

Kandungan anti-septik, anti-inflamasi, dan anti-bakteri yang terdapat pada teh hijau dapat mengatasi jerawat dan kulit berminyak. Cara untuk menghilangkan kulit berminyak tidak sulit, cukup tuangkan teh hijau kedalam cetakan es, lalu simpan dan bekukan dalam lemari es. Jika sudah beku usapkan es teh hijau yang beku pada wajah secara perlahan dan merata. Setelah itu, diamkan hingga mengering. Sedangkan cara untuk mengatasi jerawat yaitu dengan mengompres wajah dengan kantong teh atau dengan membuat masker dari campuran daun teh dengan putih telur. Setelah itu oleskan pada wajah, lalu tunggu hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

 

2. Menghilangkan Kantung Mata

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kantung mata atau mata panda akibat kurang tidur. Anda dapat menghilangkannya dengan menggunakan teh hijau karena kandungan kafein dapat membantu mengecilkan pembuluh darah di bawha kulit dan menghilangkan lingkaran gelap area mata. Caranya dengan menyeduh teh hijau murni kedalam air panas selama 10 menit, lalu sisihkan dan simpan kedalam lemari es. Setelah itu, celupkan sepotong kapas kedlam larutan teh tersebut, kemudian tempelkan pada kelopak mata selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air bersih. Anda juga dapat menggunakan cara yang lebih praktis dengan menggunkan kantung teh celup bekas yang sudah didinginkan, lalu tempelkan pada kantung mata.

 

3. Tabir Surya Alami

Selain dapat mengatasi kulit terbakar, teh hijau juga dapat mengatasi sebagai tabir surya alami yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV dan mencegah radikal bebas yang akan meyerang sel-sel kulit. Caranya dengan merebus 2 gelas air dan 1/2 gelas daun teh hijau selama 5-10 menit, lalu gunakan rebusan tersebut untu membilas wajah.

 

4. Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Teh hijau dapat melindungi kulit tubuh dari paparan sinar matahari. Caranya dengan menyeduh 2 sdm daun teh, lalu diamkan hingga dingin. Kemudian saring air teh dengan kain lembut. Setelah itu, gunakan air saringan tersebut untuk mengkompreskan kulit, kemudian tunggu hingga mengering. Untuk hasil yang maksimal, gunakan 30 menit sebelum beraktivitas keluar ruangan, dan lakukan secara teratur.

 

5. Melembabkan Dan Menghindari Kulit Kering

Kulit kering memang sangat mengganggu aktivitas, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan teh hijau yang dijadikan masker dengan campuran oatmeal dan lemo. Caranya dengan mencampurkan beberapa sendok air teh dengan perasan jeruk lemon secukupnya ke dalam 3 sendok oatmeal. Setelah itu, usapkan keseluruh kulit wajah secara merata dengan pijatan lembut dan tunggu hingga 15 menit, lalu bersihkan wajah dengan air dingin.

 

6. Menyegarkan Nafas

Teh hijau memiliki anti bakteri alami yang dapat membunuh pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan sakit gigi dan nafas tak sedap. Cara untuk menghilangkannya dengan menggunakan teh hijau dengan cara berkumur-kumur dengan teh hijau atau meminum seteguk teh hijau untuk membantu mengatasi bau nafas, peradangan dalam gusi, dan mencegah pertumbuhan plak pada gigi.

 

7. Mengatasi Rambut Kusam

Teh hijau dapat merangsang pertumbuhan rambut dan melembutkan rambut, karena teh hijau mengandung polifenol, vitamin E dan vitamin C yang dapat menjadikan rambut berkilau. Caranya dengan menggunakan air seduhan teh hijau untuk bilasan terakhir setelah keramas.

 

8. Menguatkan kuku

Teh hijau dapat memperkuat kuku karena kandungan nutrisi yang dapat membuat kuku kuat dan sehat serta dapat menghilangkan warna kuku yang kusam. Caranya dengan merendam kuku dalam larutan teh hijau kental dan lakukan hal tersebut seminggu sekali.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author