Manfaat Susu Kedelai

Manfaat Susu Kedelai
image decription

Susu kacang kedelai lebih tepatnya adalah Sari kacang kedelai adalah semacam minuman yang dibuat dari kacang kedelai, dan disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu kacang memiliki komposisi yang mirip dengan susu: 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat. Menurut seorang ahli nutrisi, susu kacang kedelai bukanlah termasuk kategori susu, karena susu adalah cairan yang hanya diproduksi oleh kelenjar susu pada mamalia dan manusia. Susu kedelai atau yang dipanggil juga dengan sebutan susu kacang ini merupakan salah satu minuman yang sangat terkenal di Indonesia. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat minum Susu Kacang Kedelai bagi kesehatan tubuh.

 

1.Menurunkan kolesterol


Susu kedelai mengandung isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan sekaligus meningkatkan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) yang berfungsi membersihkan kolesterol di dinding arteri dan membawanya ke organ hati, di mana kolesterol akan dipecah dan dikeluarkan. Penelitian telah membuktikan konsumsi susu kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

 

2.Mencegah penyakit kanker

Susu kedelai mengandung selenium yang merupakan salah satu zat atau senyawa antioksidan untuk mengatasi paparan radikal bebas yang memicu kanker. Bukan hanya selenium, antioksidan lain pada susu kedelai adalah vitamin E dan genistein yang diketahui dapat membantu menghalau kanker. penelitian menunjukan bahwa pria yang rutin minum Susu Kacang Kedelai dapat terhindari dari jenis kanker ini, selain itu bagi wanita manfaat Susu Kacang Kedelai yaitu mencegah monoppause dini.

 

3.Baik untuk Jantung

Pada susu kedelai, terdapat saponin, isoflavon, dan oligosakarida, yang semua komponennya memiliki peranan penting bagi kesehatan, khususnya organ jantung. Susu kedelai mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. selain itu, susu kedelai tidak mengandung kolesterol, sehingga aman bagi anda yang takut gemuk.

 

4.Mengurangi resiko diabetes

Susu kedelai yang mengandungAsam Amino Glisin dan Asam Amino Arginin mampu menjaga keseimbangan Hormon Insulin. Selain itu, protein dalam susu kedelai lebih mudah diterima organ ginjal dibandingkan dengan protein hewani. Karena itu Susu Kedelai baik dikonsumsi oleh penderita Diabetes.

 

5.Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang umumnya disebabkan pertambahan usia serta kekurangan hormon. Tidak hanya susu sapi yang bisa menurunkan risiko osteoporosis, susu kedelai juga bisa memberi manfaat yang sama. Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan Anda membeli susu kedelai yang mengandung vitamin D.

 

6.Membantu menurunkan berat badan

kalori dalam Susu Kacang Kedelai terhitung cukup rendah yaitu hanya 45 kalori dari setiap 100ml Susu Kacang Kedelai. dikarenakan memiliki kalori yang rendah dan selain itu Susu Kacang Kedelai juga bebas dari lemak. Selain itu,minum susu kedelai akan memberikan efek kenyang lebih lama.

 

7.Menjaga kesehatan mental

Kedelai mengandung beragam mikronutrien yang potensial menjaga kesehatan mental. Sebagai contohnya, segelas susu kedelai mengandung sebanyak 5.8 persen kebutuhan vitamin B-6 harian Anda. Vitamin ini membantu tubuh memproduksi neurokimia serotonin yang meningkatkan suasana hati.
Kandungan magnesium kedelai juga turut membantu meingkatkan kadar serotonin dan mungkin manfaatnya seefektif beberapa jenis obat antidepresan yang diresepkan bagi penderita depresi. Kandungan vitamin D yang tinggi dalam susu kedelai juga dapat membantu pencegahan gangguan afektif musiman—kondisi depresi yang memengaruhi orang-orang yang tinggal di daratan tinggi selama musim dingin.