Manfaat paprika yang jarang diketahui

Buah yang berasa manis dan sedikit pedas masih termasuk suku terong terongan atau solanaceae. Buah paprika yang berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad. Kandungan gizi yang paling umum pada paprika adalah karoten, vitamin B serta vitamin C. Sedangkan dalam paprika hijau, tiap 100 gramnya mengandung protein 0.9g, lemak 0.3g, karbohidrat 4.4g, kalsium 7.0mg, besi 0.4mg, fosfor 22mg, vitamin A 540 IU, vitamin B1 22.0mg, vitamin B2 0.002mg, nyacin 0.4mg dan vitamin C 160mg.
Manfaat paprika paling utama dalam menangkal penyakit berbahaya diantaranya kanker dan jantung. Paprika memang memiliki ukuran yang kecil namun memiliki manfaat yang luar biasa dalam menangkal penyakit berbahaya. Berikut ini beberapa manfaat paprika untuk kesehatan tubuh kita, di antaranya adalah:

 

1.Mencegah penyakit kanker

Paprika mengandung phytochemical dan beta -carotene yang merupakan antioksidan serta anti inflamasi. Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang berpotensi menyebabkan penyakit kanker. Paprika juga mengandung kandungan karotenoid likopen yang berperan sangat efektif dalam mencegah tubuh supaya terhindar dari penyakit prostat.

 

2.Mencegah penyakit jantung

Peran dari gabungan sumber gizi mikro dalam paprika yang membuat seseorang tadinya mengalami masalah jantung dapat segera disembuhkan secara berangsur-angsur. Jika Anda termasuk orang yang mudah mengalami tekanan darah tinggi dan gangguan pada jantung, konsumsi paprika.

 

3.Mengontrol diabetes dan kolesterol

Capsaicin yang terdapat dalam paprika memiliki berbagai khasiat kesehatan. Misalnya menurunkan kolesterol jahat, mengontrol diabetes, meredakan nyeri dan inflamasi.

 

4.Menaikkan imunitas tubuh

Paprika merah mengandung vitamin C paling banyak dibandingkan jenis lainnya. Vitamin C berperan didalam menjaga sistem kekebalan tubuh supaya lebih kuat dari serangan penyakit.

 

5.Menyehatkan mata

Buah dengan rasa pedas ini kaya akan vitamin A yang tentnya baik untik kesehatan mata. Paprika juga mengandung lutein yang ada padanya dapat mencegah resiko penyakit katarak.

 

6.Menjaga kesehatan kulit

Paprika juga mengan dung vitamin E. Vitamin ini sangat baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam.

 

7.Sistem saraf dan regenerasi sel

Sistem saraf dalam tubuh dapat terjaga berkat tingginya kandungan vitamin B6 pada paprika. Selain mampu menjaga sistem saraf pada tubuh kita, vitamin ini juga dapat meregenerasi sel-sel yang ada dalam tubuh.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author