Manfaat Masker Kopi Hitam Dan Cara Membuatnya

Manfaat Masker Kopi Hitam Dan Cara Membuatnya
image decription

Tahukah Anda bahwa kopi hitam ada manfaatnya bila digunakan untuk merawat kesehatan luar tubuh, seperti mempercantik kulit, menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Karena kopi mengandung banyak senyawa berguna, seperti anti oksidan yang berperan sebagai agen khusus untuk membasmi bakteri penyebab jerawat sehingga minum kopi dalam batas yang wajar.

Manfaat kopi untuk wajah juga sudah terbukti, karena ada beberapa tempat spa dan salon perawatan wajah yang telah menggunakan kopi untuk masker wajah. Apakah ada di antara Anda punya jerawat dan bekas jerawat atau noda hitam di wajah, cobalah berobat secara alami. Berikut ini manfaat ampas kopi untuk kecantikan wajah:

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Ampas kopi dapat dijadikan sebagai scrub wajah untuk mengatasi masalah jerawat dengan cara membuat jerawat lebih cepat kering, sehingga terhindar dari masalah peradangan jerawat.

2. Menghilangkan Komedo

Selain jerawat, masalah yang sering terjadi pada kulit wajah adalah komedo. Komedo terjadi karena wajah mempunyai kandungan minyak berlebih, wajah berminyak dijadikan sebagai tempat yang cocok untuk komedo. Untuk mengatasi masalah komedo, bisa dilakukan dengan menggunakan masker ampas kopi secara teratur.

3. Menyamarkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Baik bubuk kopi maupun ampas kopi, saat dioleskan pada wajah masing-masing mempunyai kemampuan untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek-flek hitam. Hal ini disebabkan karena kopi mempunyai kemampuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

4. Mengontrol Kandungan Minyak Berlebih

Ketika ampas kopi digunakan sebagai masker wajah secara rutin dapat mengontrol kandungan minyak berlebih pada wajah sehingga wajah terlihat lebih bersih, bebas kilat dan terhindar dari jerawat.

5. Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah

Jika digunakan sebagai masker wajah secara teratur, kopi dapat mengecilkan pori-pori wajah sehingga dapat membuat kulit terbebas dari masalah jerawat dan komedo. Perlu Anda ketahui, salah satu penyebab tumbuhnya jerawat dan komedo pada kulit wajah disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan ekskresi lemak yang berlebihan.

6. Melembabkan dan Menghaluskan Kulit

Kopi yang digunakan sebagai masker wajah dan scrub wajah alami secara teratur dapat membuat kulit menjadi lebih lembab dan halus.

Adapun cara pembuatan masker kopi yang mudah untuk dilakukan, berikut ini cara pembuatan masker kopi :

Caranya cukup gunakan ampas kopi murni atau ampas kopi yang tidak tercampur dengan gula, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker, lakukan pijatan atau gosokkan lembut pada wajah, diamkan sekitar 20 – 25 menit, lalu bilas menggunakan sabun wajah dan air bersih. Masker kopi juga bisa dibuat dengan cara mencampurkan ampas kopi murni dengan madu, putih telur atau minyak zaitun.

Selain dapat menyehatkan tubuh, semua kandungan tersebut juga mempunyai kemampuan untuk menutrisi kulit karena kopi juga mempunyai manfaat untuk kulit, terutama di bagian wajah.