Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan

Lobak merupakan jenis sayur yang dimanfaat bagian umbinya, lobak beragam jenisnya yaitu lobak putih, lobak merah, dan lobak ungu. Dari semua jenis warna lobak tersebut masing-masing mempunyai khasiat yang sama bagi kesehatan badan. Mungkin ada sebagian orang yang menganggap sepele kandungan gizi dari sayuran lobak tetapi kandungan nutrisi yang terdapat pada lobak banyak sekali manfaatnya.

Kandungan gizi yang tersembunyi di dalam sayuran lobak? Lobak putih memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, Vitamin E, Beta Carotene, Niasin, Kolin, Kalsium, Zat Besi, Fosfor, Serat, dan masih banyak lagi. Lobak putih kaya akan kandungan gizi, sehingga tidak heran jika khasiatnya juga banyak bagi kesehatan. Untuk mengetahui beberapa manfaat lobak, berikut ini manfaatnya :

1. Mengobati Penyakit Kanker

Lobak putih dapat membantu pengobatan pada penyakit kanker, karena lobak putih memiliki kandungan Vitamin C, asam folic, dan anthocyanins yang akan mendetoksifikasi radikal – radikal bebas dan membantu efektifitas berbagai treatment dalam penyembuhan kanker dengan konsumsi jus lobak putih. 

 

2. Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Lobak memiliki berbagai nutrisi yang dapat membantu mengurangi kolesterol dan membantu pencernaan. Vitamin K dalam lobak juga membantu dalam proses anti-inflamasi. Oleh karena itu, lobak dapat mencegah beberapa penyakit seperti penyakit jantung, stroke, serangan jantung, dan sebagainya.

 

 

3. Melembabkan Kulit

Kandungan vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit dan kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat. Lobak putih memiliki manfaat untuk menghilangkan berbagai masalah yang dapat terjadi pada kulit seperti kulit kering, gatal pada kulit, ruam kulit, infeksi dan juga masalah kulit lainnya. 

 

4. Mengobati Penyakit Ambeien

Lobak putih dapat menjadi pengobatan alternatif untuk menyembuhkan ambeien, karena lobak putih banyak kandungan zat yang bersifat tidak mudah dicerna. Zat – zat ini akan memfasilitasi sistem pencernaan dan menahan air serta mengobati sembelit, cara mengobatinya dengan minum jus lobak putih 2 kali 1 hari. 

 

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan berlebihan sangat mengganggu penampilan dan juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sudah terbukti jika berat badan menjadi faktor penyebab banyak penyakit seperti jantung dan stroke. Memakan lobak membuat cepat kenyang dan akan mengurangi jumlah asupan makanan yang masuk, lobak juga rendah akan kandungan karbohidratnya dan banyak mengandung air.

 

6. Menyembuhkan Demam

Lobak putih dapat menurunkan suhu tubuh serta menyembuhkan peradangan yang menjadi penyebab demam. Mengobati demam dengan membuat jus lobak, lalu campurkan garam secukupnya dan minum jus tersebut.

 

7. Menyembuhkan Batu Ginjal

Mengkonsumsi lobak secara teratur dapat menjadi pengobatan alternatif, dan lobak juga dapat dibuat jus untuk mengobati dan menghilangkan batu ginjal. Jus lobak juga dapat berguna dalam mencegah pembentukan batu ginjal kembali.

 

8. Menyembuhkan Penyakit Liver (Masalah Hati)

Lobak putih dapat membantu menjaga kenormalan liver, karena kandungan di dalam lobak putih dapat mendetoksifikasi liver dan bermanfaat mengatur empedu dan bilirubin. Lobak putih juga dapat membantu pelepasan enzim – enzim yang nantinya akan membantu mencegah liver dari serangan infeksi serta membantu mengobati luka ataupun bengkak yang terdapat pada liver.

 

9. Menyembuhkan Gigitan Serangga

Kandungan zat – zat yang bersifat pruritis dalam lobak putih akan bermanfaat untuk menyembuhkan gigitan serangga seperti sengatan lebah atau tawon, dan lobak juga akan membantu meredakan rasa sakit dan demam yang terjadi akibat gigitan serangga tersebut.

 

10. Obat Penawar Racun

Lobak putih pernah dijadikan sebagai obat penawar racun yang overdosis pengaruh obat kimia. Jika seseorang menderita keracunan seperti pengaruh obat maka efeknya setelah makan lobak putih akan muntah. Itu artinya si penderita akan memuntahkan obat tersebut karena pengaruh memakan lobak putih. Sehingga pada akhirnya racun dalam tubuh akan keluar dan tidak berdampak kronis.

 

11. Meredakan Masalah Buang Air Kecil

Lobak putih mengandung banyak air yang akan membantu memperbanyak air seni. Jika sedang mengalami masalah buang air kecil, lobak putih dapat membantu menyembuhkan masalah buang air kecil tersebut. Di samping itu, lobak juga akan membantu menyembuhkan peradangan dan rasa sakit yang dialami ketika buang air kecil, dan juga dapat membantu membersihkan ginjal dan organ – organ lainnya yang berkaitan dengan sistem pengeluaran urin.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author