Manfaat Kubis Untuk Kecantikan

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kubis atau kol, sayuran ini masih satu keluarga dengan brokoli dan kembang kol. Sayuran ini berasal dari Asia dan Timur Tengah yan dikenal baik untuk pencernaan karena mengandung serat pangan yang mudah larut. Kubis atau kol bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai lalapan atau dimasak menjadi tumis dan sayur sop.Sayuran ini juga menjadi pelengkap dalam makanan gado-gado.

Kubis atau kol kaya akan manfaat karena memiliki berbagai vitamin seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu kubis juga mengandung mineral yang bermanfaat untuk kecantikan, antara lain kalsium, yodium, sulfur, magnesium, dan zat besi.

Berikut ini manfaat kubis atau kol untuk kecantikan :

1. Mencegah Jerawat 

Kandungan sulfur yang dapat mengatasi dan mencegah jerawat bisa ditemukan dalam kubis. Caranya gunakan masker dari jus kubis untuk mencegah jerawat, lalu campurkan sedikit jus kubis dalam masker alami yang biasa dipakai, seperti masker lemon, masker apel, atau masker wortel. 

 

2. Mencegah Kerontokan Rambut 

Kubis dapat mencegah kerontokan rambut. Caranya Anda dapat creambath essence dengan mencampurkan 30 ml jus kubis dan 30 ml jus timun, lalu gunakan untuk masker rambut. Kemudian lakukan pijatan ringan di kulit kepala agar nutrisi masker terserap sempurna. Setelah itu bilas rambut dan kulit kepala dengan air bersih. 

 

3. Menghaluskan Kulit

Kandungan nutrisi dalam kubis dapat mempercantik dan menyehatkan kulit. Caranya gunakan kubis atau kol sebagai masker untuk merawat wajah dengan mengkukus beberapa lembar kubis hingga lunak, kemudian peras dengan handuk kering dan bersih hingga semua cairan dalam kubis berpindah ke handuk. Setelah itu, gunakan untuk kompres wajah dan diamkan semalaman, lalu bilas wajah dengan air bersih. 

 

4. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Kandungan vitamin A yang berada pada kubis berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut. Caranya dengan menggunakan setengah buah kubis yang sudah dihaluskan, lalu campurkan dengan air perasan jeruk lemon. Kemudian gunakan untuk masker rambut dan lakukan pijatan ringan di kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author