Manfaat kolang kaling untuk kesehatan

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan
image decription

Kolang kaling atau juga dikenal dengan buah atap ini, merupakan cemilan kenyal yang mempunyai bentuk lonjong dan berwarna putih transparan, serta rasanya yang cukup menyegarkan. Di balik rasa dan bentuknya, ternyata buah dari pohon enau ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh. Kandungan gelatin, vitamin A, B dan C diketahui memiliki efek baik bagi tubuh. Tingginya kandungan air dalam kolang kaling yakni mencapai 94% memberikan efek menyegarkan. Penelitian Departemen Pertanian menunjukkan beberapa khasiat utama kolang kaling bagi kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan manfaaat dari kolang kaling .

 

1.Memperkuat tulang

Kandungan kalsium kolang kaling pada setiap 100 gram adalah 91 mg. Sehingga kolang kaling sudah dapat membantu pertumbuhan tulang anda dan bisa dijadikan sebagai pengganti susu. Kolang kaling sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang lanjut usia, agar tulang mereka tetap terjaga dengan baik dan sehat. konsumsi kolang kaling secara rutin saat anda ingin tulang anda tak mudah keropos.

 

2.obat radang sendi

Cukup dengan merebus kolang-kaling dimasak dengan cara direbus tanpa menggunakan gula atau pewarna atau dijadikan manisan dengan menggunakan tambahan gula batu dan daun pandan atau jahe. Konsumsi sekitar 100-200 gram kolang-kaling sebagai camilan setiap harinya. Kandungan 52,9% karbohidrat galaktomannan memberikan efek analgesik atau pereda sakit sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada radang sendi. Karena kolang kaling mengandung galaktomanan yang berfungsi untuk mengobati radang sendi. Bagi anda yang ingin memperoleh manfaatnya anda bisa mengonsumsi kolang kaling ini secara rutin.

 

3.Membantu program diet anda

Kadar air kolang-kaling relatif tinggi yakni mencapai 94%, sehingga kolang-kaling terasa segar saat dikonsumsi. Kadar gelatin yang dimiliki juga cukup tinggi sehingga memiliki manfaat membantu mempercepat rasa kenyang, menghentikan nafsu makan sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet sehat.

 

4.Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dan kandungan karbohidrat yang tinggi menjadikan kolang-kaling lebih lama dicerna dalam perut sehingga dapat menekan nafsu makan dan menyimpan energi lebih lama. Serat kolang-kaling yang masuk ke dalam tubuh membuat proses pembuangan air besar teratur sehingga dapat mencegah kegemukan atau obesitas.

 

5.Mengobati gatal-gatal

Kolang kaling juga mempunyai getah di dalamnya,getahnya ini banyak di gunakan orang sebagai obat untuk mengobati gatal-gatal yang di sebabkan bakteri atau kuman. Dengan hanya mengoleskan getah yang terdapat pada kolang kaling.

 

6.Sumber vitamin

Mulai dari vitamin A, B, dan C. Vitamin A sendiri dapat menjaga kesehatan mata, kemudian vitamin B sangat baik untuk kulit dan sel-sel tubuh. Sedangkan vitamin C mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita sehingga tidak mudah terserang penyakit flu, sariawan, dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Jadi,terbukti buah kolang kaling mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.