Manfaat kayu manis untuk kesehatan

Kayu manis termasuk kedalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma,manis,dan pedas. Kayu manis merupakan salah satu bumbu tertua yang di gunakan manusia. Kayu manis biasanya digunakan sebagai bumbu masak untuk menambah cita rasa pada masakan. kuliner di Indonesia pun banyak yang menggunakan kayu manis untuk bumbu masakannya seperti semur daging. Tetapi kayu manis tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan saja, karena kayu manis juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat kayu manis untuk kesehatan.

 

1.Menurunkan kolesterol

Sebenarnya kolesterol diperlukan tubuh untuk membangun dinding sel dan juga berperan dalam pembuatan hormon. tetapi jika kolesterol melebihi batas normal, akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Tingkat kolesterol dapat meningkat jika kita tidak memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. ada cara alami untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dari ramuan kayu manis. cara membuat ramuan kayu manis untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.
- Siapkan kayu manis batangan, cengkeh, satu ruas kunyit, dan madu.
- Panaskan air dalam panci kemudian masukan kayu manis batangan.
- Kemudian masukan cengkeh ke dalam rebusan kayu manis dan rebus hingga mendidih.
- Sambil menunggu rebusan mendidih, tumbuk kunyit hingga halus dan masukan ke dalam gelas.
- Kemudian masukan air rebusan ke dalam gelas yang berisi kunyit halus lalu tambahkan madu sebagai pemanis dan aduk hingga larut rata.
Kayu manis mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi ramuan ini secara teratur maka kadar kolesterol dalam darah akan terkontrol. Minum ramuan dalam keadaan hangat 2 kali sehari secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

 

2.Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kayu manis mengandung antimikroba yang kuat, anti-inflamasi, anti-infeksi dan anticlotting (mencegah pembekuan darah). Manfaat Kayu Manis Untuk Penderita KankerKayu manis juga sebagai sumber yang potensial untuk antioksidan, polifenol, dan mineral seperti kalsium, mangan, zat besi dan serat makanan – semua zat gizi penting yang membantu menjaga tubuh sehat. Selain itu kayu manis adalah sumber alami dari gula , karbohidrat, asam lemak dan asam amio. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Texas, kayu manis dapat mengurangi peningkatan sel-sel kanker dalam tubuh dan, jika dimasukkan secara teratur dalam makanan, dapat membantu mencegah kanker.

 

3.Mencegah penyakit jantung

Kandungan kalsium dan serat yang tinggi pada kayu manis dapat membantu tubuh dalam proses pengeluaran racun dari tubuh (detoksifikasi). Selain itu kayu manis juga kaya akan mineral seperti zat besi dan mangan yang berfungsi untuk memelihara dan mendukung kinerja fungsi jantung. kayu manis sangat efektif dalam menjaga jantung dan sekitarnya arteri dari kerusakan dan infeksi. Karena Sifatnya anti-inflamasi dapat membantu menyembuhkan peradangan pada jaringan internal dan mengurangi risiko serangan jantung.

 

4.Mencegah penggumpalan darah

Kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang dapat mencegah penggumpalan darah. Minyak yang dihasilkan oleh kayu manis dapat mencegah penggumpalan pada darah. Kayu manis akan mengeluarkan asam lemak anti peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak tersebutlah yang akan mengurangi peradangan dan pembekuan pada darah.

 

5.Meningkatkan fungsi otak

Kayu manis memiliki bau yang manis dan khas. Baunya ini ternyata juga berguna untuk meningkatkan fungsi otak.

 

6.Menghangatkan tubuh

Kayu manis bisa menjadi obat demam atau influensa. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung zat yang dapat menghangatkan tubuh. bagi penderita demam dan terserang flu juga, konsumsi kayu manis bisa membantu mengatasi flu. meskipun flu itu sudah biasa bagi kalangan masyminuman memabukanat, apalagi di demam isu panca roma, tetapi flu itu menunjukkan rasa yang tidak nyaman. tentunya anda mampu menggunakan kayu manis sebagai ramuan alami untuk menyembuhkan. dengan adanya komposisi anti inflamasi, sesampai bisa melancarkan sirkulasi sirkulasi darah dalam tubuh.

 

7.Mengobati sakit maag

Flavonoid yang ditemukan dalam ekstrak kayu manis dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri, Helicobacter pylori, yang bertanggung jawab untuk menyebabkan sakit maag di sejumlah besar individu. Cara pemakaian kayu manis sebagai obat sakit maag adalah dengan merebus 4 batang kayyu manis dengan air matang dan tambahkan gula merah atau madu. Setelah direbus hingga mendidih, diamkan ramuan tersebut sampai hangat. Kemudian saring air rebusan kayu manis dan minumlah selagi hangat. Minumlah air kayu manis rutin, setidaknya satu hari satu kali.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author