Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan

Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan
image decription

Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Jagung manis memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Jagung manis juga sarat akan nutrisi dan vitamin. Nah, berikut adalah manfaat kesehatan yang tersembunyi dalam jagung manis.

 

1.Menjaga Kesehatan Mata

Zeaxanthin adalah pigmen yang hadir dalam jagung manis, pigmen ini dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula. Jagung manis juga kaya beta karoten dan asam folat - yang diperlukan untuk mencegah berbagai jenis penyakit mata.

 

2.Mencegah Penyakit Jantung

Kaya akan kandungan folat, yang juga dikenal sebagai vitamin B9. Kandungan itu dapat menurunkan asam amino yang hadir dalam pembuluh darah. Peningkatan kadar asam amino menyebabkan masalah pada pembuluh darah, yang kemudian dapat menyebabkan masalah jantung. Konsumsi jagung manis mengurangi dan mencegah jantung dari kerusakan lebih lanjut.

 

3.Mencegah Kanker Paru-paru

Nutrisi yang terkandung dalam jagung manis, yang dikenal sebagai beta cryptoxanthin, ketika diserap oleh tubuh akan menjadi vitamin A. Itu dapat mencegah perkembangan kanker paru-paru, serta bentuk lain dari kanker. Penelitian juga mengungkap bahwa jagung manis dapat mencegah kanker paru-paru.

 

4.Meningkatkan Memori Otak

Kandungan tiamin dan vitamin B1 adalah kedua nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kekuatan memori otak dan dapat mencegah masalah memori yang terkait usia. Kandungan nutrisi dalam jagung manis juga efektif dalam mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

 

5.Mengatasi Anemia

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi sereal jagung juga dapat meningkatkan hemoglobin normal tubuh.
Jagung manis kaya akan zat besi,yang di perlukan untuk mencegah anemia. Kandungan ini dapat meningkatkan kadar homoglobin normal tubuh. Asam folat yang terdapat pada jagung manis juga dapat mengatasi anemia. Pada umumnya anemia disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12, asam folat dan zat besi. Jika anda mengalami anemia makanlah jagung.

 

6.Meningkatkan Kekuatan Tulang

Jagung manis mengandung mangan, zat seng, serta tembaga. dapat meningkatkan kekuatan tulang. Ketiga kandungan tersebut juga dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis pada wanita. Magnesium juga membantu dalam mencegah kejang dan kekakuan otot dalam tubuh.

 

7.Mengurangi Tingkat Kolesterol Jahat

Dengan mengonsumsi jagung manis dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Minyak jagung juga efektif untuk mempertahankan tingkat kolesterol normal tubuh.

 

8.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin yang terkandung dalam jagung manis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga mencegah demam, pilek, serta flu. Selain itu Jagung juga memiliki kandungan protein yang begitu baik untuk memenuhi asupan energi pada tubuh.