Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan

Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan
image decription

Memiliki wajah yang cantik merupakan idaman bagi setiap wanita. Berbagai cara dilakukannya untuk merawat wajah agar tetap terlihat cantik. Dari semua anggota tubuh, wajah merupakan bagian yang paling dimanjakan, karena wajah adalah bagian tubuh yang paling penting dalam hal penampilan. Kulit wajah sangat rentan terhadap berbagai macam masalah kulit seperti jerawat, plek hitam, keriput, tanda-tanda penuaan dan lain-lain. Untuk mengatasi semua itu, daun sirih dapat dijadikan sebagai obat alami yang terbukti ampuh dalam mengatasi masalah kulit.

Berikut ini manfaat daun sirih untuk kecantikan beserta cara mengobatinya:

1. Mengobati Jerawat

Cara mengobatinya : Siapkan 8-10 lembar daun sirih, kemudian remas dan hancurkan. Lalu tambahkan air panas hingga airnya berubah warna. Setelah itu, basuh muka menggunakan air daun sirih tersebut. 

 

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Cara mengobatinya : Siapkan 10 lembar daun sirih dengan air 1 liter untuk direbus. Kemudian diamkan hingga rebusan tersebut menjadi hangat. Setelah itu, basuh wajah menggunakan rebusan daun sirih tadi dan lakukan secara teratur 2 kali dalam 1 minggu.

 

3. Menghilangkan Flek Hitam dan Bekas Jerawat

Cara mengobatinya : Siapkan daun sirih secukupnya lalu haluskan, kemudian tambahkan air jeruk nipis yang sudah diperas. Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan selam 20 menit. Lakukan hal tersebut secara rutin agar flek hitam dan bekas jerawat menghilang.

 

4. Mencegah Munculnya Komedo

Cara mengobatinya : Siapkan daun sirih yang telah dihaluskan, lalu oleskan pada bagian wajah yang berkomedo. Setelah itu, komedo akan mengeluarkan isinya secara alami tanpa pemencetan dan komedo yang telah keluar dapat dibersihkan dengan rebusan air daun sirih yang telah dingin agar komedo tidak tumbuh kembali.

 

5. Menyembuhkan Luka Bakar Pada Wajah

Cara mengobatinya : Basuh wajah dengan rebusan air daun sirih setiap hari, lalu diamkan hingga kurang lebih 3 menit. Kemudian basuh kembali dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih yang telah ditambahkan zat antiseptik dari dokter kulit.

 

6. Menghaluskan Kulit Wajah Yang Kasar

Cara mengobatinya : Siapkan 5-6 lembar daun sirih, lalu haluskan daun sirih tersebut. Kemudian campurkan 1 sendok teh madu. Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian basuh wajah menggunakan air hangat dan lakukan perawatan ini secara teratur.

 

7. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Cara mengobatinya : Oleskan daun sirih yang telah dihaluskan dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lalukan hal tersebut sebelum tidur malam. 

 

8. Mengatasi Kulit Berminyak

Cara mengobatinya sama dengan mencerahkan kulit wajah, yaitu dengan merebus daun sirih 10 lembar dengan air 1 liter. Kemudian diamkan hingga air daun sirih menjadi hangat. Setelah itu, basuh wajah dan lakukan hal tersebut secara rutin setiap menjelang tidur malam agar minyak di wajah berkurang.