Manfaat Daun Mint

Manfaat Daun Mint
image decription

Tanaman yang memiliki nama latin Mintha Spacata ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman herbal yang paling populer dan paling berkembang di seluruh dunia. Daun mint juga dapat dimanfaatkan untuk bahan tambahan masakan.

 

Kandungan dalam daun mint menjadi bukti bahwa daun mint memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. daun mint terdiri dari air, serat, protein abu serta karbohidrat. Selain itu, daun mint juga mengandung berbagai mineral yang cukup tinggi yakni kalsium, kalium, magnesium, mangan, natrium, tembaga, serta fosfor. Daun mint juga mengandung beberapa vitamin yakni vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin D serta mengandung asam amino yang sangat berlimpah. Berikut ini adalah manfaat daun mint.

 

1.Merawat kesehatan mulut dan gigi


Daun mint kaya akan sifat anti bakteri dan anti inflamasi di dalamnya. Kedua zat ini baik untuk menyegarkan mulut dan mencegah kerusakan gigi. Caranya mudah, anda hanya perlu mengunyah daun mint dan berguna untuk melawan pertumbuhan bakteri-bakteri berbahaya yang berada di dalam mulut, gigi serta lidah anda.

 

2.Mengurangi stress

Dengan mengkonsumsi mint bisa membantu menenangkan pikiran dan juga meredakan stress. Hal ini disebabkan banyaknya kandungan menthol serta minyak-minyak esensial yang ada di dalam mint seperti a-pinene, carvone, ß-pinene, cineole, limonene, linalool, myrcene dan caryophyllene.

 

3.Menyegarkan sistem pernafasan

daun mint bisa berguna untuk menyegarkan nafas dan melancarkan sistem pernafasan karena di dalam daun mint terkandung unsur-unsur seperti menthol, menthone, dan menthol acetate. Daun mint juga dapat membantu mengobati gangguan pernafasan seperti asma dan batuk.

 

4.Menurunkan berat badan

Dengan kandungan mentol yang ada pada daun mint, membuatnya dapat mempercepat proses sirkulasi dan pembakaran lemak dalam tubuh, meminimalisir risiko mual dan kram, serta meringankan kembung yang kerap menyertai mereka yang menjalankan diet.

 

5.Mengurangi resiko kanker

Daun mint dapat mengurangi risiko kanker prostat dan kanker hati karena senyawa peryllyl, karotenoid dan retinoid di dalamnya. Senyawa lain seperti asam rosmarinic dapat menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan dan mengurangi gejala alergi. Tes laboratorium juga menunjukkan, minyak peppermint dapat meningkatkan efektivitas obat.

 

6.Meredakan batuk

Mint merupakan obat yang diakui untuk mengobati batuk, bronkhitis, infeksi salurna pernafasan bagian atas dan batuk berdahak di Jerman. Daun mint mampu merelaksasikan otot trakeal dan ileal serta mengurangi inflamasi sehingga dapat mengurangi gejala batuk. Anda bisa mengobati batuk dengan membuat teh mint. Caranya seduh 2 sendok daun mint dalam secangkir air mendidih selama kurang lebih sepuluh menit. Kemudian saring air rebusan tersebut. Anda juga dapat menambahkan madu dan lemon agar rasanya semakin nikmat dan membuat khasiatnya semakin ampuh.

 


7.Menjaga kesehatan kulit

Daun mint memiliki kandungan vitamin E dan D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Sehingga dapat meningkatkan dan memperkuat jaringan pada bagian-bagian kulit. Selain itu dalam daun mint juga terdapat kandungan asam salisilat sehingga dapat menghilangkan sel kulit mati dan akan membuat kulit menjadi lebih segar dan juga sehat.

 

8.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh berfungsi untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Kekebalan tubuh akan meningkat ketika seseorang berolahraga secara teratur serta mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.Daun mint kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin C, D, E, B kompleks, kalsium, dan fosfor. Semua vitamin dan mineral ini baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

 

9.Membantu mengatasi alergi

Daun mint mempunyai zat yang bisa membantu dalam mengontrol serta menghilangkan jamur serta bakteri jahat. Dengan adanya kontrol tersebut alergi yang akan menyerang kulit menjadi lebih terkendali. Selain itu daun mint juga aromanya yang khas dapat digunakan untuk mengurangi dari reaksi alergi lainnya seperti kesulitan bernafas.

 

10.Mengurangi panas tubuh

air pada daun mint dapat memberikan pendinginan pada bagian tubuh dan juga meminimalkan dari efek sinar matahari yang terik dalam tubuh seseorang. Efek dingin yang diberikan secara alami oleh daun mint membantu juga dalam menyegarkan tubuh.