Manfaat Daun Antanan - Pegagan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Antanan - Pegagan Untuk Kesehatan
image decription

Daun antanan atau daun pegagan adalah tumbuhan liar yang tumbuh di tepi-tepi jalan, ladang, kebun, atau di sawah. Daun antanan atau daun pegagan merupakan tanaman herbal tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Khasiat daun antanan atau pegangan nyatanya sudah dikenal sejak dahulu. Tanaman ini memiliki nama latin Centella Asiatica yang bermanfaat sebagai obat-obatan dan tanaman ini bagus untuk dikonsumsi setiap hari.

Berikut ini beberapa manfaat dari daun antanan atau daun pegagan :

1. Menambah Nafsu Makan

Caranya dengan merebus segenggam daun pegagan yang telah ditambahkan air sebanyak 2 gelas. Lalu rebus hinggat menyisakan 1 gelas, kemudian minum air rebusan tersebut 1 x sehari.

 

2. Mengobati Darah Tinggi

Caranya dengan menyiapkan 50 lembar daun antanan yang masih segar, lalu rebus dengan 3 gelas air dan hingga tersisa menjadi 3/4 nya. Kemudian saring rebusan terrsebut dan minum 3 kali sehari sebanyak 1/4 gelas.

 

3. Mengobati Bisul

Caranya dengan menyiapkan daun antanan atau pegagan sebanyak 30-60 gram, lalu rebus dengan air secukupnya. Lalu diamkan hingga dingin, setelah itu saring dan diminum air rebusan tersebut. Atau bisa dengan cara luar, yaitu dengan menyiiapkan daun antanan atau pegagan segar secukupnya, lalu tumbuk hingga halus dan tempelkan pada bagian yang bisul.

 

4. Mengobati Mata Memerah dan Bengkak

Daun antanan atau pegagan bisa dijadikan sebagai obat tetes mata. Pertama daun antanan atau pegagan segar dicuci sampai bersih, kedua lumatkan daun antanan/pegangan sampai lembut, ketiga peras lumatan daun antanan atau pegagan segar tadi, keempat peras dan saring airnya, dan terakhir teteskan ke mata yang sakit 3-4 kali sehari.

 

5. Mengobati Demam

Cara mengobatinya siapkan segenggam daun antanan atau pegagan segar lalu tumbuk hingga halus, kemudian tambah 1 gelas air dan sedikit garam. Kemudian saring dan minum dipagi hari setelah bangun tidur.

 

6. Mengobati Batuk Kering

Caranya dengan menyiapkan segenggam daun antanan atau pegagan segar, lalu lumatkan dan peras. Kemudian tambahkan 1/2 air serta gula batu secukupnya, setelah itu aduk hingga merata dan minum ramuan tersebut.

 

7. Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Cara mengobatinya dengan merebus daun antanan atau pegagan segar sebanyak 30 gram dengan air beras 2 gelas. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.

 

8. Mengobati Susah Kencing

Jika Anda mengalami susah kencing, ambilah 30 gram daun antanan atau pegagan segar. Lalu lumatkan atau tumbuk halus, menudian tempelkan di sekitar pusar.

 

9. Mengobati Wasir

Cara mengobatinya dengan mengambil 4-5 batang antanan atau pegagan sampai ke akar-akarnya, lalu rebus dengan 2 gelas air selama ± 5 menit. Kemudian minum air rebusan tadi secara rutin.

 

10. Mengobati Batuk Darah, Muntah Darah, dan Mimisan

Caranya dengan merebus 60-90 gram daun antanan atau pegagan segar dengan air secukupnya atau diperas, kemudian saring dan minum air rebusan tersebut.

 

Note : Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun antanan/pegangan bagi ibu hamil dan ibu menyusui.