Manfaat Dan Khasiat Daun Cabe Rawit

Manfaat Dan Khasiat Daun Cabe Rawit
image decription

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman cabai, apalagi bagi Anda yang suka akan makanan pedas. Daun cabai rawit mengandung senyawa aktif flavonoid dan glikon yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain buahnya, daun cabai ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat, seperti berikut ini :

1. Mengobati Bisul

Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang terjadi akibat infeksi bakteri yang masuk ke dalam kulit melalui pori-pori. Cara untuk mengatasi gangguan ini adalah dengan menempelkan daun cabai yang telah dilayukan dengan minyak sayur pada bagian yang terkena bisul.

 

2. Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan gangguan kulit terutama pada wajah yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelebihan kadar minyak pada kulit wajah. Cara membuat masker dari daun cabai yaitu dengan ambil daun cabai setelah itu cuci sampai bersih dan haluskan. Penggunaan masker ini dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit agar kering, lalu bersihkan memakai air hangat.

 

3. Merontokkan Rambut Ketiak

Tumbuhnya bulu di ketiak bagi beberapa orang, khususnya para wanita merupakan gangguan penampilan. Untuk membantu menanggulanginya, kita bisa memanfaatkan daun cabai. Caranya lakukan terlebih dahulu pencukuran bulu ketiak. Setelah itu lakukan pemijatan ringan dengan daun cabai. Jika terjadi iritasi hentikan hal tersebut.

 

4. Mengobati Masuk Angin

Masuk angin merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kumpulan gas yang tidak merata dalam tubuh. Cara mengobatinya yaitu dengan mengolesi gilingan daun cabai yang telah dicampur dengan kapur sirih di atas perut.

 

5. Meredakan Demam

Daun cabai ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu obat penurun demam yang aman dan murah. Caranya yaitu dengan mengoleskan tumbukan daun cabai yang telah dicampur dengan minyak selada pada ubun-ubun ke seluruh tubuh.

 

6. Bahan Masker

Masalah kerutan, kantung mata, dan flek hitam yang terlihat pada wajah sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasi hal tersebut, tempelkan masker dari daun cabai. Caranya yaitu tempelkan campuran daun cabai yang telah dihaluskan dengan air beras dan kencur sebagai masker.

 

7. Bahan Lulur

Daun cabai bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik. Caranya remas-remas beberapa lembar daun cabai lalu gosokkan pada tangan, kaki, atau bagian tubuh yang Anda inginkan. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

 

8. Menghilangkan Rasa Gatal dan Gigitan Serangga

Rasa hangat yang diberikan daun cabai ternyata juga bisa menyembuhkan rasa gatal akibat gigitan serangga. Caranya adalah dengan mengoles atau menggosokkan tumbukan daun cabai pada daerah yang terasa gatal akibat gigitan serangga.