Manfaat Buah Sawo Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Buah Sawo Untuk Kecantikan dan Kesehatan
image decription

Di Indonesia buah sawo adalah buah yang populer karena berbuah sepanjang tahun. Buah sawo sering kali di tanam di depan rumah atau di kebun sekitar rumah, buah ini memiliki keharuman buah yang khas serta rasa manisnya yang menggoda.

Buah sawo memiliki kandungan protein, karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, fosfor, serta beberapa vitamin yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Buah sawo juga mempunyai kandungan air yang cukup banyak dan gula alami sehingga cocok dijadikan buah untuk pencuci mulut.

Berikut ini beberapa manfaat buah sawo untuk kecantikan dan kesehatan :

1. Mencegah Kanker Usus

Buah sawo mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga saat mengonsumsi buah sawo akan melancarkan saluran pencernaan di dalam usus. Kandungan serat di dalam sawo juga membantu mengatasi sembelit, susah buang air besar dan mencegah terjadinya kanker usus. 

 

2. Mempercantik Kulit

Kandungan vitamin E yang ada pada buah sawo bermanfaat untuk mempercantik kulit sehingga kulit bercahaya karena terjaga kelembabannya. Vitamin E yang ada pada buah sawo juga mampu mencegah penuaan dini atau keriput pada kulit.

 

3. Menjaga Kesehatan Mata

Buah sawo mengandung banyak vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Anda dapat menjadikan buah sawo sebagai buah favorit karena buah sawo selain lezat juga menyehatkan mata dan terhindar dari gangguan mata.

 

4. Menyembuhkan Diare

Kandungan tannin, antioksidan dan senyawa poli-fenolik dapat menyembuhkan diare. Caranya gunakan 15 tetes getah sawo yang masih muda, lalu tambahkan dengan setengah air panas. Kemudian diamkan beberapa menit sehingga airnya dingin, lalu minum air tersebut. Atau dengan cara mencuci sawo lalu parut dan peras parutan sawo tersebut. Kemudian tambahkan air matang dan minum 2 kali sehari.

 

5. Menyembuhkan Radang Mulut

Daun dari pohon sawo juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi radang mulut. Caranya dengan merebus daun sawo dengan 2 gelas air selama 10 menit. Kemudian gunakan rebusan tersebut untuk berkumur.

 

6. Mencegah Terjadinya Infeksi

Kandungan vitamin C dan vitamin A di dalam buah sawo, dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat melawan serangan radikal bebas serta mencegah terjadinya infeksi.

 

7. Menjaga Kesehatkan Gigi dan Tulang

Kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi pada buah sawo bagus untuk menjaga kesehatan tulang maupun gigi. Namun walaupun kandungan fosfor dan kalsiumnya tinggi, tidak dianjurkan dikonsumsi oleh balita karena akan mengganggu pencernaannya. Tulang yang kuat dan sehat menghindarkan Anda dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

 

8. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Kandungan zat besi pada buah sawo berguna untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Karena kekurangan darah merah dapat menyebabkan penyakit anemia yang membuat tubuh mudah lemas dan pusing. Mengonsumsi makanan yang mengandungan zat besi juga disarankan bagi ibu hamil agar terhindar dari anemia yang berbahaya.