Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pohon mahoni, karena pohon mahoni merupakan pohon yang memiliki manfaat sangat besar bagi kebersihan udara. Pohon mahoni dapat dijadikan peneduh jalan dan membuat udara sekitar menjadi lebih segar. Tidak hanya pohonnya saja, biji mahoni juga sangat penting bagi kehidupan manusia. Biji mahoni dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan manusia.

Hampir semua bagian pohon ini dapat dimanfaatkan mulai dari akar, batang, daun, maupun buahnya dapat dimanfaatkan dengan baik. Pada umumnya, Mahoni dimanfaatkan batang kayunya untuk furniture. Selain itu, buah dan biji mahoni pun dapat berguna bagi kesehatan. Rasa pahit biji mahoni mengandung banyak manfaat yang bagus untuk tubuh.

Ada beberapa manfaat dan kandungan biji mahoni yang bagus untuk kesehatan, diantaranya :

1. Mengontrol Gula Darah

Kandungan Saponin pada biji mahoni bermanfaat untuk mengalirkan gula darah secara lancar sehingga kadar gula darah tetap kondisi normal. Bagi penderita diabetes, konsumsilah 1/2 sdm biji mahoni bubuk, lalu tambahkan air hangat. Setelah itu, minumlah sebelum makan agar dapat membantu menjaga kadar gula darah.

 

2. Mengurangi Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang ganas yang tidak dapat disembuhkan dan tidak regeneratif. Oleh karena itu, bentuk untuk bertahan hidup dapat di bantu dengan biji mahoni. Caranya tambahkan biji buah mahoni pada makanan Anda, maka akan membantu tubuh menjadi lebih sehat.

 

3. Obat Serangga Alami

Biji mahoni yang dihaluskan menjadi bubuk dapat bermanfaat sebagai suplemen kekebalan tubuh agar terlindung dari bahaya gigitan serangga, karena salah satu kegunaan Saponin dapat mencegah serangga.

 

4. Membuat Jantung Sehat

Kandungan flavonoid pada biji mahoni bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, sedangkan saponin bermanfaat untuk sehatnya jantung. Kombinasi nutrisi dalam biji mahoni membuat pengobatan alami mendorong kesehatan jantung dan sirkulasi darah menjadi lebih baik.

 

5. Memperlancar Buang Air Besar

Biji mahoni dapat membantu melancaran proses metabolisme sehingga buang air besar menjadi lancar. Caranya dengan menghaluskan biji mahoni, lalu tambahkan air hangat dan minum.

 

6. Mengatasi Sembelit

Ketika menderita sembelit, Anda dapat memanfaatkan biji buah mahoni untuk mengatasi sembelit tersebut. Caranya yaitu dengan menghancurkan biji mahoni, lalu minum bersama air hangat untuk meredakan sembelit.

 

7. Mengurangi Rasa Sakit Ketika Haid

Wanita yang sedang mengalami haid, biasanya rasa sakit dan nyeri pasti terasa. Salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri yaitu dengan makan sejumput buah mahoni pada hari pertama siklus menstruasi agar mengurangi rasa sakit.

 

8. Menambah Nafsu Makan

Buah mahoni dapat menjadi pilihan yang bermanfaat bagi mereka yang ingin menambah nafsu makan. Dengan hal itu akan menambah berat badan secara bertahap.

 

9. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Biji mahoni bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya dengan menyiapkan 8 gram biji mahoni segar, lalu tambahkan dengan 2 gelas air panas. Setelah itu, dinginkan dan disaring, kemudian minum tetapi minuman tersebut dibagi menjadi 2 bagian, yaitu diminum pagi dan sore hari.

 

10. Mengobati Demam, Masuk Angin, Dan Rematik

Biji mahoni dapat mengobati demam dan masuk angin. Caranya yaitu dengan menyiapkan 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni, lalu seduh dengan 1/4 gelas air panas. Setelah itu, tambahkan 1 sdm madu, lalu minum selagi hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author