Makanan Legendaris Khas Bogor yang Wajib Kamu Coba!

Trunojoyo.com – Makanan khas Bogor emang lebih banyak terpengaruh sama makanan Sunda. Karena sebagian masyarakat yang tinggal di Bogor yaitu masyarakat Sunda. Tapi gak ada salahnya kan kamu mencoba makanan tersebut jika berlibur ke Bogor. Nah Berikut ini Trunojoyo.com akan mengulas tentang 5 Makanan Legendaris Khas Bogor yang wajib kamu coba.
 

Toge Goreng

 
toge-goreng.png
Toge Goreng
 
 
Makanan Legendari pertama ada toge goreng. Toge goreng merupakan kuliner khas Bogor yang memiliki rasa yang gurih dan segar. Biasanya, dalam seporsi toge goreng akan terdapat lontong, yang diberi irisan tahu, toge goreng kemudian disiram dengan saus dari oncom. Saking lezatnya, toge goreng pernah diboyong ke Istana Bogor oleh Presiden Jokowi pada rapat kabinet paripurna awal tahun 2017 yang lalu.
 

Mie Glosor

 
 
resep%2BMembuat%2BMie%2BGlosor%2BKhas%2BBogor.jpg
Mie Glosor
 
 
Mie yang satu ini berbeda dengan mie yang biasanya ada di penjual bakmie, ataupun pedagang nasik dan mie goreng, sebab selain memiliki tekstur kenyal, mie glosor ini lebih licin daripada mie biasanya. Selain dapat ditemukan di pasar tradisional dengan harga terjangkau, mie yang dibungkus dalam kantong-kantong plastik bening ini juga dapat dijumpai dalam bentuk matang di berbagai pelosok Kota Bogor.
 
Apalagi ketika bulan Ramadhan tiba, para penjual mie glosor seolah merajai jajanan di Kota Hujan. Biasanya mie glosor digoreng dengan campuran sayuran, seperti kol dan sawi hijau yang ditumis terlebih dahulu. Nanti seletah matang, disajikan dengan gorengan dan sambal kacang.
 

Asinan Bogor

 
u5ilEy4fms1443683559.jpg
Asinan Bogor
 
 
 
Asinan Bogor merupakan jenis asinan yang mungkin paling enak dan terpopuler di Indonesia. Bahkan asinan asal Kota Hujan ini termasuk legendaris dan banyak diburu para pecinta kuliner dan traveler di tanah air. Banyak orang yang menyukai cemilan ini membuat banyak orang yang membuka usaha ataupun menyediakan mennu asinan ini. Tak hanya di Bogor, di berbagai daerah pun juga banyak usaha semacam ini.
 
Makanan asinan bukan saja disukai para kaum hawa namun tak sedikit kaum adam yang menyukainya. Jajanan ini memang identik dengan wanita yang sedang hamil karena biasanya meyukai makanan yang asam manis.
 

Laksa

 
chicken-curry-laksa.jpg
Laksa Bogor
 
 
 
Salah satu kuliner tradisional Bogor yang tak lekang oleh zaman ialah Laksa Bogor. Pasalnya hidangan ini kerap dijumpai di berbagai perayaan seperti pesta, syukuran, hingga acara kebudayaa. Hidangan yang satu ini memang tersohor sejak puluhan tahun lalu. Kuah kuning berampas yang kaya akan rempah menjadi ciri khas hidangan tersebut. Salah satu kedai yang bertahan hingga tiga genereasi ialah Laksa Gang Aut Mang Wahyu.
 
Soal rasa tak perlu diragukan lagi, manis bercampur gurih jadi satu saat menyeruput kuah kuningnya. Kemangi dan serunden menghasilkan cita rasa yang khas dalam hidangan tersebut. Sehingga menambah rasa gurih dan wangi dari dau kemangi.
 

Colenak

ads5ce76b054d355.jpg
Colenak Bogor
 
 
 
Makanan colenak, merupakan jenis makanan tradisional yang banyak di sukai masyarakat. Namun, makanan tradisional berbahan tapai ini sudah jarang dijumpai di Bogor. Colenak atau akronim Cocol Enak kini tersedia di Resto Saung Sambara Bogor. Cara pembuatannya cukup sederhana, tape yang sudah dibakar ditaburi parutan kelapa segar dan kemudian di lumuri saus gula jawa. Rasa gurihnya kelapa akan bercampur dengan rasa khas tape yang di cocol dengan gula jawa.
 

Doclang

 

photo%2B%25281%2529.jpg
Doclang Bogor
Resep makanan khas Bogor Doclang ini mudah untuk dipraktikkan. Kamu bisa dengan mudah mencari resep Doclang melalui internet. Doclang sekilas mirip dengan kupat tahu atau lontong sayur, isinya sejenis ketupat yang dikenal dengan pesor, irisan tahu goreng, kentang rebus, telur rebus, bumbu kacang, kerupuk, emping tangkil, dan ditambah dengan kecap.
 
 

 

Nah, penasaran kan sama rasa makanan khas Bogor yang sesungguhnya? Makanya buruan pesan tiket ke Bogor dan rasakan sendiri sajian kuliner khasnya. Kalau mampir ke daerah puncak Bogor, jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Puncak Bogor untuk di bagikan ke teman-teman dan saudara yaa. Selamat berlibur dan selamat berburu kuliner khas Bogor!!

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author

Saya sangat tertarik terhadap dunia digital marketing, desain grafis, dan optimasi google. Saya sangat suka mempelajari hal-hal yang baru, karena dari situ saya bisa mendapatkan pembelajaran yang pastinya berharga sekali untuk diri saya.