Makanan Berkuah dan Menggoda Khas Betawi yang wajib dicoba

Semua orang pasti menyukai makanan, apalagi makanan itu didalamnya terdapat kuah yang enak dan nikmat. Seperti bakso, sup ataupun makanan lain yang mengandung kuah. Karena jika menikmati makanan yang berkuah rasanya akan lebih nikmat dan level rasanya pun meningkat. Berikut makanan khas Betawi yang wajib anda coba dan pastinya akan menambah selera makan Anda.

1.     Soto Betawi

      

 

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam soto Betawi. Kuah soto Betawi merupakan campuran santan dan susu. Kedua campuran inilah yang membuat rasa soto Betawi begitu khas.

 

2.     Asinan Betawi

      

 

Asinan Betawi terbuat dari beberapa campuran sayuran yang disajikan dengan cara di siram dengan bumbu kacang. Perpaduan pedas dan asam yang membuat asinan ini menjadi sangat khas dan disukai banyak orang. Biasanya bumbu kacang yang dibuat itu hanyalah bahan yang sederhana, cita rasa asam asinan betawi dihasilkan dari asam jawa dan rasa pedas dari cabai.

 

3.     Sayur Babanci

 

Sayur Babanci atau Ketupat Babanci adalah salah satu kuliner khas Betawi yang kini mulai langka.Kelangkaan ini disebabkan karena bahan dan rempah-rempah untuk membuat sayur ini sudah sulit ditemukan di Jakarta. Dinamakan Sayur Babanci karena sayur ini tidak jelas jenisnya, bahkan tidak bisa dikategorikan sebagai sayur karena tidak ada campuran sayur. Karena sulit mendapatkan bahan-bahannya, kini warga Betawi biasanya menyajikan sayur ini hanya pada hari - hari besar keagamaan sebagai menu keluarga, seperti buka puasa, Hari Raya Idul Fitri, dan Hari Raya Idul Adha.

 

4.     Laksa Betawi

      

 

Laksa betawi adalah makanan berjenis mie yang diberi bumbu. Laksa Betawi memiliki kuah berwarna kekuningan. Campuran udang rebon yang ada dalam kuah laksa, membuat rasanya menjadi segar dan di padu aroma khas udang.

 

5.     Soto Tangkar

      

 

Soto tangkar adalah salah satu hidangan khas Betawi. Kata ‘tangkar’ berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada masa itu, para penjajah biasanya memotong sapi ketika mereka berpesta. Akan tetapi, mereka tidak menggunakan semua bagian sapi. Salah satu bagian yang disisakan adalah iga sapi. Oleh karena itu, para pekerja mengolah iga tersebut dengan bumbu-bumbu rempah dan santan kelapa. Hidangan inilah yang kemudian dikenal sebagai soto tangkar

 

6.     Pucung Gabus

      

 

Kuliner Betawi yang harus dicoba adalah pucung gabus.Mungkin hanya hitungan jari saja kuliner negeri ini yang menggunakan kluwek sebagai bahan utamanya. Selain rawon atau brongkos, gabus pucung adalah salah satunya. Selain menggunakan banyak rempah, resep ini wajib menggunakan ikan gabus sesuai namanya.Yang terpenting adalah agar untuk memilih ikan berkualitas, digarap hingga bersih, digoreng dengan baik, dan selebihnya meracik rempah dan bumbu menjadi kuah hitam yang sedap itu.

 

7.     Sayur Godok Pepaya Muda

      

 

Sayur godog adalah olahan buah pepaya muda khas Betawi. Sayur semacam lodeh ini biasanya disajikan saat hari raya bersama ketupat.Sayur godong merupakan menu sederhana dengan bumbu rempah yang kaya. Rasanya sangat gurih dengan campura santan yang kental.Tekstur pepaya yang dimasak menjadi lembut. Selain itu, menjadi sangat khas Betawi ketika ada campuran petai/pete. Pete menambah cita rasa berbeda pada sayur godong.

Selain petai, sayur godong juga bisa ditambahkan beragam sayuran lain seperti kacang panjang atau kentang. Penambahan sayuran bisa dipilih sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan potongan daging kalau mau.Selain berbahan olahan pepaya, godong khas Betawi juga ada yang menggunakan labu siam. Labu siam ini memiliki cita rasa tak jauh berbeda dengan pepaya. Potongan pepaya atau labu yang lunak sangat cocok dipadu dengan santan kental.

 

8.     Bandeng Pesmol

      

 

Di masa lalu, bandeng adalah ikan yang paling bergengsi bagi masyarakat Betawi. Berbeda dengan ikan gabus yang murah dan dianggap sebagai makanan sehari-hari. Tidak heran bila sangat banyak resep khas Betawi yang memakai bandeng sebagai bahan utama. Salah satunya adalah bandeng pesmol.

 

9.     Semur Jengkol

      

 

Jengkol kaya akan zat besi dan protein yang mampu membantu pembentukan jaringan pada tubuh. Selain itu jengkol juga mangandung kalsium dan fosfor yang sangat baik bagi tulang dan mampu mencegah kalsium dan fosfor. Olahan jengkol yang paling sering dibuat adalah semur jengkol. Bagi banyak orang semur jengkol paling nikmat disajikan bersama dengan nasi hangat. Cara membuat semur jengkol ternyata sangat mudah dan praktis.

 

10.   Pecak Lele

 

Olahan ikan lele memang akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Namun olahan lele khas Betawi ini memiliki cita rasa yang unik. Jika biasanya ikan lele hanya digoreng dan disajikan dengan sambal maka pecak lele ini disajikan dengan bumbu saus kacang dan air asam jawa serta santan yang disiramkan di atas lele goreng.

 

Itulah beberapa makanan khas betawi yang wajib kalian coba. Anda juga bisa membuatnya di rumah sendiri. Selamat mencoba!!!

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author