Khasiat Buah Rambutan

Tahukah Anda selain nikmat dan segar ternyata buah Rambutan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat kesehatan rambutan tidak hanya terbatas pada buah tetapi yang berasal dari unsur-unsur lain juga, seperti buah, kulit, kulit kayu dan daun.

1. Obat tradisional berbagai penyakit:

Buah ini adalah obat tradisional di Malaysia dan Indonesia yang sudah digunakan dari turun menurun. Hal ini digunakan dalam sejumlah perawatan yang meliputi diabetes, hipertensi dan berbagai penyakit lainnya. Mengkonsumsi buah dapat membantu untuk membunuh parasit usus dan membantu untuk meredakan gejala diare dan demam.

2. Penambah Energi:

Mungkin sedikit dari anda yang mengetahui manfaat rambutan sebagai salah satu sumber tenaga. Kandungan karbohidrat dan protein dari buah rambutan membantu meningkatkan energi dan mencegah kembung Rambutan juga kaya air yang membantu untuk mendapatkan kembali energi yang hilang dan menghilangkan rasa haus.

3. Kaya vitamin C dan membantu Penyerapan Nutrisi:

Mengkonsumsi 100gram buah rambutan dapat memenuhi 66% kebutuhan Vitamin C harian Anda. Vitamin C pada rambutan ini akan membantu dalam proses penyerapan mineral, besi dan tembaga. Hal ini juga melindungi tubuh dari radikal bebas.

4. Melindungi tubuh dari Radikal Bebas:

Salah satu senyawa utama rambutan adalah asam Galat. Senyawa ini berperilaku seperti pembersih radikal bebas yang melindungi tubuh kita dari kerusakan oksidatif dan sangat bermanfaat untuk melawan kanker.

5. Pembentukan sel darah putih/Sel darah merah:

Rambutan merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan tembaga. Walaupun tembaga hanya sedikit dibutuhkan oleh tubuh kita namun memiliki fungsi yang sangat penting. Kekurangan tembaga dapat menyebabkan, misalnya, anemia, pecahnya pembuluh darah, masalah tulang dan sendi, kadar kolesterol tinggi, dan kelelahan kronis. Tembaga juga penting untuk pembentukan sel darah putih dan merah, pertumbuhan rambut yang sehat, mencegah rambut rontok, dan mencegah rambut cepat beruban. Selain tembaga, buah rambutan juga memiliki kandungan mangan yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi dan mengaktifkan enzim.

6. Membersihkan sampah di Ginjal:

Fosfor dalam rambutan membantu dalam pembersihan sampah/toksin di ginjal dan fosfor sangat penting untuk pengembangan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan dan sel-sel tubuh. Rambutan juga mengandung sejumlah besar kalsium yang membantu fosfor untuk membentengi gigi dan menguatkan tulang.

7. Sumber Besi:

Rambutan memiliki sumber zat besi yang membantu dalam meningkatkan kadar oksigen, mencegah pusing dan kelelahan karena anemia, penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

8. Kaya akan serat:

Rambutan memiliki kandungan serat yang baik dan rendah kalori. Buah membuat kita kenyang lebih untuk waktu dan kontrol rasa lapar sehingga membantu dalam penurunan berat badan.

Itulah beberapa manfaat dari gula aren yang perlu anda ketahui. Mungkin ada beberapa yang belum mengetahui kegunaannya yang luar biasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author