Khasiat bawang putih yang mengagumkan untuk kesehatan

Bawang putih kerap kita kenal sebagai bumbu masakan dan sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Tanaman yang dikenal dengan nama latin Allium sativum merupakan tanaman yang berasal dari Asia tengah tinggi sekitar 50-60 cm dan termasuk kedalam family Liliacea. selain dijadikan bumbu masakan ternyata banyak hal lain yg dapat di manfaatkan dari bawang putih tersebut terutamanya untuk dunia kesehatan.

Dibawah ini beberapa khasiat bawang putih yang mengagumkan untuk kesehatan :

 

1.Melindungi jantung

Bawang putih memiliki zat antioksidan yang mampu memerangi penyakit jantung koroner. Bahan ini sangat mudah anda dapat. Anda bisa memulai mengkonsumsi bahan ini untuk jantung anda. Cara mengolahnya pun mudah, anda bisa membuat sambal kecap dengan campuran bawang putih ini dengan cara di iris-iris, namun ada cara lain, yaitu dengan di memarkan kemudian di seduh dengan air panas sebanyak setengah gelas, lalu di blender, atau bisa anda parut kemudian di seduh dengan air panas dan minumlah selagi hangat beserta ampasnya.

 

2.Menurunkan tekanan darah tinggi

Ekstrak bawang putih diduga mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. telah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa bawang putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8% .Bahkan efek dari bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal. Sebagian besar penelitian menggunakan bubuk bawang putih tertentu.

 

3.Menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi satu setengah siung bawang putih mentah setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik sebanyak 30 persen. Bawang putih juga bisa mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan dara, dan menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Bawang putih juga diduga mampu sedikit menurunkan kolesterol dalam tubuh, tetapi bukan berarti bawang putih dapat menjadi obat hipertensi maupun kolesterol yang efektif karena masih memerlukan penelitian yang lebih luas.

 

4.Mencegah kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah dua kali seminggu berpotensi mencegah terkena kanker paru-paru. Konsumsi bawang putih juga diduga dapat menurunkan risiko kanker prostat. Selain itu, senyawa organo sulfur dalam bawang putih diketahui mampu membasmi sel kanker otak. Penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih dapat menjadi obat alami yang manjur untuk menghambat kanker pada otak. Namun, saat ini masih dibutuhkan percobaan lebih menyeluruh sebagai prosedur medis.

 

5.Mencegah pilek

Bawang putih diduga mampu menstimulasi sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Oleh karena itu, bawang putih mungkin dapat mengurangi risiko terkena pilek. Namun, hal ini masih berupa temuan dini. Sehingga, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah bawang putih dapat menjadi suplemen yang mampu mencegah dan mengobati pilek.

 

6.Baik untuk usus

Senyawa alami dari minyak bawang putih dapat membantu melindungi usus dari bakteri penyebab infeksi pada usus. Ini membuat bawang putih berpeluang dijadikan antibiotik guna mengurangi penyakit akibat bakteri yang ada di makanan atau di lingkungan sekitar.

 

7.Baik untuk diabetes

Diabetes sendiri adalah penyakit di mana metabolit terus meningkatkan kadar glukosa dalam darah . Bawang putih sudah terbukti efektif dalam meningkatkan sel-sel pankreas dan juga merangsang produksi insulin dalam tubuh . Namun, sayangnya masyarakat masih belum sadar tentang manfaat bawang putih .

 

8.Obat sakit gigi

Bawang putih mengandung senyawa antiseptik yang berfungsi membunuh bakteri penyebab sakit gigi anda. Caranya mengobati sakit gigi menggunakan bawang putih gampang sekali,ambil satu siung bawang putih kemudian di bersihkan dan letakkan pada gigi yang berlubang atau sakit. Lakukan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat.

 

9.Meringankan tukak lambung

Bawang putih mempunyai sifat antivirus dan antibakteri. Dengan kedua sifat tersebut, bawang putih mampu melawan dan menghancurkan bakteri yang menjadi penyebab dari tukak lambung.

 

10.Obat sakit telinga

Kandungan antibiotik alami pada bawang putih sangat baik untuk mengobati sakit telinga. Caranya, rebus bawang putih yang sudah dicuci bersih setelah itu saringlah antara air rebusan dengan minyak bawang putih. Gunakan minyak bawang putih sebagai obat tetes telinga. Kandungan antibiotik pada bawang putih sangat berguna untuk mengatasi infeksi pada telinga.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author