Jakarta Identik dengan Makanan Ini

 

Semua orang pasti sudah tahu Jakarta. Tidak hanya terkenal sebagai ibu kota saja, Jakarta juga identik dengan makananya yang khas. Banyak sekali makanan yang berasal dari kota ini. Tapi ada beberapa makanan yang sudah sering orang ketahui dan pasti di setiap sudut kota Jakarta pasti ada makanan ini. Apa itu? Berikut makanan khas Jakarta yang sering dijumpai.

 

1.     Kerak Telor

1570417017-kerak-telor.jpeg

Kerak Telor adalah salah satu jajanan khas Betawi yang terkenal di Jakarta. Kuliner satu ini sering di jajakan di pinggir jalan atau di jual secara keliling. Kerak Telor ini terbuat dari  beras ketan, parutan kelapa, telur, udang ebi, bawang merah, kencur dan jahe.

Kerak Telor ini memiliki cita rasa yang gurih dan legit. Makanan ini sudah lama menjadi salah satu makanan khas andalan kota Jakarta terutama masyarakat Betawi. Walaupun banyak berbagai makanan, namun kerak telor tetap menjadi salah satu makanan yang paling di minati oleh warga Jakarta.

 

2.     Ketoprak

1570417063-ketoprak.jpeg

Ketoprak yang merupakan salah satu makanan tradisional khas Jakarta yang masih laris dicari untuk sarapan ataupun makan malam. Sajian ini terdiri dari irisan ketupat/lontong yang disajikan bersama tauge, tahu goreng, dan bihun, lalu diberi siraman saus kacang dan kerupuk. Ketoprak merupakan makanan berbumbu kuah kacang yang bisa dengan mudah ditemukan di kota Jakarta. Rasa makanan ini sangat lezat. Menariknya, makanan ini juga sangat sehat dan harganya cukup terjangkau untuk semua kalangan.

 

3.     Nasi Uduk

1570417181-nasi-uduk.jpeg

Nasi uduk dikenal sebagai makanan khas Betawi yang menjadi menu sarapan favorit warga Jakarta. Nasi uduk dibuat dari beras yang diaron terlebih dahulu dengan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai, untuk kemudian dikukus hingga matang. Dengan menggunakan bumbu-bumbu tersebut, tak heran jika aroma nasi uduk sangat menggoda terutama ketika masih hangat.

Nasi uduk biasa disajikan dengan beberapa lauk pendamping seperti ayam goreng, semur tahu, kering tempe, telur balado, bihun goreng, gorengan, dan masih banyak lagi. Tak lupa tambahan sambal kacang kemiri yang kental nan pedas untuk menambah citarasa khasnya.

 

4.     Nasi Ulam

1570417259-nasi-ulam.jpeg

Selain nasi uduk, Jakarta punya satu lagi hidangan nasi khas yang disajikan dengan aneka lauk yakni nasi ulam. Pilihan lauk diantaranya yaitu semur tahu, telur dadar, dan bihun goreng. Ada pula bahan/lauk wajib nasi ulam yaitu serundeng kelapa dan kacang tanah goreng. Nasi ulam bisa disajikan kering atau basah dengan siraman kuah semur.

 

5.     Bubur Ase

1570417310-bubur-ase.jpeg

Keberadaan bubur ase sekarang ini sudah semakin langka saja. Bahkan di Ibu Kota, hanya ada beberapa tempat saja yang menyajikan kuliner asli Jakarta ini. Bubur ase ini seakan menjadi penanda adanya masa lalu. Bubur ase ini sudah mulai muncul berpuluh-puluh tahun yang lalu. Rasa serta tampilannya spesial dan beda dengan yang lainnya.

Ase sendiri digadang-gadang merupakan kepanjangan dari ‘Asinan’ dan ‘Semur’. Ada pula yang menyebutkan jika “Ase” di sini memiliki arti dingin, karena bubur ini disajikan dalam kondisi dingin. Kombinasi asinan dan semur memang terasa asing, namun siapa sangka kedua bahan ini bisa juga disatukan, kenyataanya rasanya juga enak dan menggugah selera.

 

Itulah makanan yang identic dengan kota Jakarta. Namun seiiring berjalannya waktu, makanan ini tersingkirkan oleh makanan yang menjadi tren masa kini. Walaupun begitu, semua orang masih menyukai makanan ini. 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author