Fakta Unik, Ini 5 Kuliner Bogor yang Murah dan Jarang Diketahui

Selain dikenal dengan destinasinya yang banyak dan menarik, kota hujan ini juga memiliki kuliner tersembunyi yang jarang diketahui, bahkan makanan tersebut sudah ada sejak zaman dulu dan diwariskan secara turun temurun. Penasaran? berikut 5 makanan kuliner Bogor yang murah dan jarang diketahui.
 

1. Cungkring Pak Jumat

 
cungkring-1068x560.jpg
Cungkring Pak Jumat
 
 
Cungkring Pak Jumat sudah berjualan sejak tahun 1975, dikenal sebagai salah satu kuliner legendaris di kota Bogor. Dulunya, sang penjual menjajakan kuliner ini secara berkeliling. Kemudian sejak 2004 pemiliknya membuka gerobak di kawasan Jalan Surya Kencana.
 
Cungkring sendiri merupakan kuliner khas Bogor yang terbuat dari kaki sapi dan disajikan dengan bumbu sate. Cungkring ini berisi potongan cungkring, lontong, dan keripik tempe yang disiram bumbu kacang dan cabai. Membeli cungkring di sini, kamu akan ditawarkan empat jenis cungkring, yakni kikil, kulit, dampal, dan urat.
 
 

2. Asinan Jagung

 
jabodetabek-heritage-asinan-jagung-bakar-pak-sabur.jpg
 
 
Biasanya jagung bakar dinikmati dengan cara dimakan langsung dari gagangnya. Nah, di Bogor kamu bisa menikmati jagung bakar dengan cara lain, yakni diolah menjadi asinan. Kabarnya, kuliner Bogor satu ini merupakan usaha turun temurun sejak tahun 1968.
 
Asinan Jagung dibuat dengan cara jagung manis dibakar, semua butirannya dilepaskan dan ditempatkan dalam sebuah wadah. Setelah itu, butiran jagung bakar tersebut disiram dengan cuka dan air cabai. Lalu diberi sedikit gula pasir sehingga memiliki cita rasa manis, asam, dan segar. Asinan jagung bakar dijual di daerah Gang Roda Suryakencana.

 

3. Bir Kocok Abah Acep

 
0137024IMG-5541780x390.jpg
 
 
Walau terdapat bir dalam namanya, minuman satu ini 100% bebas alkohol. Diberi nama bir kocok sebab minuman yang telah diracik akan dikocok terlebih dahulu hingga berbuih. Setelah itu, minuman disajikan dan diberi es batu.
 
Rasa pedas jahe, manis gula aren, dan pahitnya kayu manis dicampur ke dalam satu minuman dan bisa menghasilkan sensasi menyegarkan. Jika ingin mampir di Bir Kocok Abah Acep, lokasinya berada di Gang Aut, Jalan Suryakencana.
 

4. Bapatong

 
bapatong.jpg
 
Makanan kuliner Bogor lainnya yang jarang diketahui yaitu bapatong, ini merupakan salah satu kuliner bogor yang banyak di buru turis. Bapatong sendiri adalah sebutan dari bakso kupat gentong sehingga di singkat menjadi bapatong.
 
Bapatong memiliki khas yang membedakannya dari bakso lainnya, potongan ketupat yang di potong-potong dadu juga tambahan iga sapi di dalamnya yang di potong dadu saat penyajiannya sangat menggugah selera. Ditambah siraman kuah kaldu sapi yang sedap akan membuat tubuh kamu tetap terasa hangat di tengah udara dingin kota Bogor.
 
Untuk menikmati semangkok kuliner ini kamu bisa datang ke Jl. Taman kencana. Apabila kamu datang berkunjung ke kota Bogor, jangan sampai melewatkan menu makanan kuliner yang jarang diketahui tersebut ya.

5. Pizza Kedai Kita

 

picture-1548139184%2B%25281%2529.jpg


Tempat makan Kedai Kita menyuguhkan pengalaman wisata kuliner di Bogor yang unik. Proses pembuatan pizza dengan dibakar menggunakan kayu dalam sebuah tungku seperti cara memasak zaman dulu. Sehingga memiliki cita rasa gurih dan lezat. Ukuran pizza di sini cukup besar dan terdiri dari 7 potong pizza tipis yang ditaburi keju. Harga pizza Kedai Kita adalah 60.000.
 
Selain itu, restoran ini juga menyajikan menu lain, seperti nasi goreng, sup buntut, sate ayam, cap cay, fu yung hai, kangkung, ayam goreng mentega, sapi lada hitam, kerang saus padang, gurame goreng, ikan nila bakar, sampai dengan udang asam manis madu. Kamu bisa langsung datang ke Jalan Pangrango Nomor 21 Bogor ini bukan sekedar kedai biasa.
 
 
Itulah 5 makanan kuliner Bogor yang murah dan jarang diketahui. Semoga bermanfaat!

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author

Saya sangat tertarik terhadap dunia digital marketing, desain grafis, dan optimasi google. Saya sangat suka mempelajari hal-hal yang baru, karena dari situ saya bisa mendapatkan pembelajaran yang pastinya berharga sekali untuk diri saya.