Anda Wajib Coba Ini! Olahan Ayam Khas Betawi

Setiap daerah pasti memiliki makanan dan cara memasak yang berbeda. Baik itu masakan rumahan atau masakan restoran mewah. Setiap daerah memiliki cara memasak yang unik dan kadang dilakukan secara turun temurun. Makanan menjadi ciri khas bagi setiap daerah, karena memiliki cita rasa yang berbeda. Begitu juga dengan masakan khas Betawi ini, apa saja olahan ayam khas Betawi? Berikut olahan ayam khas Betawi yang bisa Anda coba.

1.     Ayam Sampyok

1570432682-ayam-sampyok.jpeg

Ayam sampyok adalah olahan ayam dari Betawi yang terakulturasi dengan Tionghoa. Ayam sampyok memiliki tampilan seperti rendang dengan rasa campuran khas budaya Tionghoa dan Betawi. Menu Ayam Sampyok seringkali disajikan pada acara hajatan oleh masyarakat Betawi kota. Yang menjadi keunikan dari Ayam sampyok adalah proses pembumbuan yang dilakukan secara 2 kali. Hal ini dilakukan agar bumbu nya meresap hingga ke dalam dagingnya.

Teknik untuk memasak ayam sampyok tergolong unik. Setelah ayam diberi bumbu yang sudah dihaluskan dan ditumis, ayam kemudian dimasak dan diungkep hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Lalu ayam di oleskan bumbu kacang yang ditambah dengan santan kelapa kemudian ditaburkan lada hitam. Secara singkat proses memasak ayam sampyok adalah ayam yang diguyur dengan bumbu akan diungkep terlebih dahulu, kemudian ayam dibakar. Setelah itu, ayam siap untuk disajikan.

 

2.     Oblok Ayam

1570432740-oblok-ayam.jpeg

Oblok ayam adalah makanan berkuah yang mirip dengan gulai. Makanan ini memiliki cita rasa yang khas. Oblok ayam merupakan salah satu masakan ayam khas Betawi yang dibilang cukup legendaris. Biasanya oblok ayam menggunakan bahan utama entog atau semacam bebek yang memiliki leher tidak terlalu panjang. Tetapi, karena sekarang sulit untuk mendapatkannya, jadi banyak beralih ke bebek dan ayam. Oblok ayam memiliki perpaduan cita rasa yang unik yaitu pedas, asam, dan gurih. Sangat cocok sekali jika disantap dengan nasi putih hangat.

 

3.     Ayam Begana

1570432808-ayam-begana.jpeg

Ayam begana adalah salah satu masakan yang berasal dari Betawi dan juga menjadi salah satu makanan khas warga Betawi. Daging ayam yang empuk serta kelapa sangrai yang gurih membuat menu masakan ayam begana ini menjadi istimewa. Makanan ini cocok sekali disajikan dalam berbagai acara makan-makan, seperti ketika Anda sedang berkumpul dengan sanak saudara ataupun disajikan saat hari-hari besar. Semua orang pasti akan menyukai dengan masakan ayam begana ini, sebab makanan ayam begana ini sangat menguggah selera makan anda dan mungkin juga bisa membuat anda ketagihan. Akan terasa nikmati sekali apabila masakan ayam begana ini dinikmati bersama sepiring nasi hangat dan bersama seluruh anggota keluarga anda dirumah.

 

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba masakan ini? Itulah beberapa olahan ayam khas Betawi yang bisa Anda coba.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author