9 Langkah untuk Menenangkan Si Kecil yang Sakit

9 Langkah untuk Menenangkan Si Kecil yang Sakit
image decription

Ketika Si Kecil sakit, biasanya ia menjadi agak rewel meskipun sudah diberikan makan dan obat. Hal ini bisa terjadi karena hidungnya mungkin tersumbat, atau tubuhnya kurang enak akibat mengalami dehidrasi. Untuk membantu Si Kecil merasa tenang sehingga bisa cepat pulih, Bunda dapat menerapkan beberapa langkah berikut ini:

1. Memberikan air yang cukup Pastikan Si Kecil mendapat air yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Jika Bunda masih menyusui, berikanlah ASI. Namun, jangan memberikan air terlalu banyak apabila Si Kecil masih berusia di bawah 8 bulan, karena ginjalnya belum cukup sempurna untuk menampung terlalu banyak air. ASI dan susu formula merupakan cairan terbaik untuk anak usia 6-12 bulan. Bila jumlah urine Si Kecil tidak seperti biasanya atau ia terlihat letih dan dehidrasi, segeralah hubungi dokter.

2. Memperbanyak waktu istirahat Bantu Si Kecil untuk tidur lebih awal; jika bisa, sedikit paksakan ia untuk beristirahat. Hindari kegiatan yang dapat menstimulasi Si Kecil, atau bahkan membuatnya terpapar kuman.

3. Memberikan semprot hidung Apabila hidung Si Kecil tersumbat, berikan semprot hidung dari larutan garam yang bisa dibeli di apotek terdekat. Teteskan sebanyak dua kali pada masing-masing lubang hidung sebelum makan dan tidur, atau di saat hidung Si Kecil mampat.

4. Menggunakan penyedot ingus Setelah diberikan semprot hidung dari larutan garam, gunakan penyedot ingus untuk membuang lendir dari hidung Si Kecil, sehingga ia dapat bernapas dengan lebih mudah. Bersihkan lubang hidungnya sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

5. Memilih humidifier (alat pelembab udara) yang tepat Pelembab udara yang hangat atau dingin? Apabila hidung Si Kecil tersumbat, pertimbangkan untuk memilih pelembab udara yang dingin, karena dapat membantu melegakan hidungnya yang mampat. Jagalah pelembab udara tetap bersih dan isi dengan air segar setiap hari untuk mencegah jamur serta bakteri.

6. Mandi air hangat Mandi air hangat tidak hanya menenangkan, tetapi juga dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri. Selain itu, uap dari air hangat mampu mengurangi penyumbatan di hidung akibat lendir berlebih. Keringkan Si Kecil segera setelah mandi untuk mencegahnya menggigil.

7. Meninggikan posisi kepalanya Tinggikan sedikit posisi kepala Si Kecil dengan menggunakan bantal tambahan. Hal ini dapat membuat Si Kecil lebih mudah bernapas, serta mengurangi peradangan pada rongga hidung.

8. Memberikan perhatian dan kasih sayang Hal terbaik yang bisa Bunda berikan untuk Si Kecil yang sakit adalah perhatian dan kasih sayang. Peluklah ia sebelum tidur. Berikan juga pijat bayi sembari mengajaknya mengobrol (meskipun ia belum mengerti), atau menyanyikannya sebuah lagu. Suara Anda tentu akan membuat Si Kecil lebih rileks dan tenang.

9. Menyajikan makanan yang enak dan memadai Selama proses penyembuhan, makanan yang diberikan pada Si Kecil harus enak (untuk ukuran anak), mudah dimakan (lunak atau cair), mudah dicerna, serta bergizi dan kaya energi. Untuk MPASI, Bunda dapat memberikannya bubur tim lumat ditambah dengan makanan seperti kuning telur, ayam, ikan, tempe, tahu, daging sapi, wortel, dan bayam. Bunda bisa membuat bubur tim sendiri atau membelinya dalam bentuk MPASI kemasan.  Sumber