8 Manfaat Jahe Untuk Kecantikan

8 Manfaat Jahe Untuk Kecantikan
image decription

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman jahe. Jahe atau dengan bahasa latin Zingiber Officinale merupakan tanaman rimpang yang sering digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat. Selain itu, jahe juga dapat dinikmati sebagai minuman penghangat disaat cuaca dingin. Bahkan sifat jahe yang dapat menghangatkan badan telah banyak digunakan untuk bahan racikan obat-obatan.

Jahe juga dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, maka dari itu banyak orang-orang yang membudidayakannya. Jahe biasanya dipanen pada usia muda, dikarenakan kandungan nutrisi pada jahe yang masih muda sangat banyak. Jahe sering dipasarkan dalam keadaan segar, jahe olahan, jahe kering, dan minyak jahe.

Berikut ini manfaat jahe untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui :

1. Menghaluskan Kulit

Jahe memiliki kandungan zat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, jahe banyak digunakan untuk menghaluskan kulit. Cara menggunakannya sebagai bahan campuran lulur atau masker. Selain dapat membuat kulit menjadi semakin halus, jahe juga dapat membuat kulit semakin lebih kencang. Maka dari itu, pakailah secara rutin karena dapat membuat kulit semakin sehat dan indah.

 

2. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan salah satu masalah kecantikan yang sangat menganggu yang akhirnya dapat merusak penampilan. Bahan mineral alami yang terdapat pada jahe bermanfaat untuk mengatasi masalah minyak pada wajah. Caranya campurkan jahe yang sudah di parut, garam laut, bubuk kayu manis, dan bubuk pala, lalu haluskan dan tambahkan air hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang berminyak, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air dingin.

 

3. Merawat Rambut

Jahe dapat merawat rambut karena jahe dapat digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan memperbaiki tekstur rambut. Caranya dengan mencampurkan perasan jahe dengan beberapa tetes minyak jajoba, lalu pakai dan pijat kulit kepala. Setelah itu, diamkan hingga 15 menit dan bersihkan rambut dnegan air dingin.

 

4. Mencegah Jerawat

Jahe dapat digunakan untuk mencegah timbulnya jerawat dengan menggunakan masker air jahe. Caranya siapkan jahe yang sudah dicuci secukupnya, lalu kupas jahe dan parut. Setelah itu, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat, lalu jahe yang sudah diparut di oleskan ke wajah dan berikan pijatan lembut. Kemudian tunggu hingga 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih untuk menghilangkan sisa-sisa masker jahe.

 

5. Mencegah Penuaan Dini

Wajah yang keriput akan menganggu kecantikan dan kurangnya percaya diri. Untuk menghilangkan masalah keriput jahe dapat dijadikan obat untuk mengatasinya. Caranya dengan meminum wedang jahe secara rutin agar wajah terlihat lebih kencang.

 

6. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati merupakan penyebab wajah terlihat kusam dan gelap. Selain itu, sel kulit mati juga memberi efek kering dan kasar pada kulit. Untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah dapat menggunkan jahe.

 

7. Mengharumkan Kulit

Cara mengharumkan kulit dengan jahe yaitu dengan membuat lulur dari jahe. Caranya dengan mengambil beberapa jahe, kemudian haluskan dengan menggunakan parutan. Lalu, oleskan ke seluruh permukaan tubuh sebelum mandi. Setelah itu, diamkan beberapa menit dan lanjutkan mandi seperti mandi biasa.

 

8. Menghilangkan Selulit

Hampir semua wanita menganggap selulit dapat mengganggu kecantikan seseorang, sehingga membuat tidak percaya diri karena memiliki selulit pada tubuh. Cara untuk menghilangkannya mudah yaitu dengan meminum air rebusan jahe secara rutin, karena kandungan zat pada jahe membuat lemak menjadi larut.