8 Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan

8 Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan
image decription

Bagi penduduk Indonesia, pastinya sudah tidak asing lagi dengan daun serai. Daun serai ini merupakan salah satu bumbu untuk berbagai masakan khas Indonesia yang digolongkan sebagai jenis rumput-rumputan. Sebagaimana yang kita ketahui, pada bumbu masakan serai menghasilkan aroma masam seperti daun lemon, sehingga menambahkan cita rasa makanan. Serai selain diambil manfaatnya untuk bumbu masakan, ternyata memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut ini manfaat daun serai untuk kesehatan :

1. Menurunkan Tekanan Darah

Serai mengandung potassium yang tinggi sehingga untuk mengurangi tekanan darah serta merangsang sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung serai setiap harinya maka akan membantu dalam menurunkan hipertensi.

 

2. Mencegah Penyakit Kanker

Para penelitian telah menjelaskan bahwa setiap 100 gram serai mengandung zat antioksidan untuk mencegah penyakit kanker yang mampu membunuh sel kanker dengan mempertahankan sel dan jaringan sehat yang ada di dalam tubuh kita.

 

3. Detoksifikasi

Serai juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dengan cara meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal ini bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, juga kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun akan tersingkir.

 

4. Kesehatan Pencernaan

Daun serai dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, seperti mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, dan diare.

 

5. Menjaga Sistem Saraf

Kandungan magnesium, fosfor, serta folat dalam serai dapat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Selain itu, zat-zat tersebut berguna dalam meningkatkan konsentrasi serta kemampuan otak untuk memproses informasi yang didapatkan.

 

6. Mengobati Infeksi

Kulit Kadungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri dalam serai berguna untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Serai juga banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dan meredakan bau badan.

 

7. Mengobati Anemia

Serai mengandung zat besi yang sangat berguna untuk sintetis hemoglobin atau protein sel darah merah yang dapat membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi serai dapat membantu menyembuhkan penyakit anemia.

 

8. Mengurangi Kolesterol

Daun serai mengandungan zat anti-kolesterol yang akan membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus serta kolesterol jahat dalam darah.