15 Tips Sukses Toko Online

15 Tips Sukses Toko Online
image decription

Tanpa basa-basi berikut tips buat Anda yang ingin sukses sebagai pedagang online :

  1. Tentukan apa yang ingin anda jual melalui internet. Barang atau jasa? Bagaimana pengadaan dan deliverynya. Carilah yang paling mudah. Apakah produk tersebut ada pasarnya? Jangan menjual produk yang pasarnya terlalu kecil.
  2. Jangan menjual semuanya alias gado-gado. Lakukan segmentasi, fokus, tentukan niche market anda. Apakah ibu-ibu muda, anak gemuk, penggemar sepak bola dan sebagainya.
  3. Buat website yang sederhana saja. Yang penting menarik dan menggugah orang untuk melakukan transaksi. Atau Anda dapat memanfaatkan sosial media atau marketplace yang ada saat ini seperti tokopedia, bukalapak dan lainnya.
  4. Lakukan pemasaran melalui berbagai cara. Melalui email, iklan baris, publikasi, banner exchange, keywording, affiliate marketing, co-branding dan sebagainya
  5. Bangun Kepercayaan, Calon pembeli mau bertransaksi karena mereka percaya. Apa yang orang lain katakan tentang anda lebih dipercayai daripada apa yang anda katakan sendiri tentang diri anda. Gunakan testimoni atau pendapat orang lain, seperti artis, pejabat, orang terkenal lainnya.
  6. Gunakan foto produk yang semenarik dan sejelas mungkin.
  7. Berikan deskripsi produk yang detail, jika Anda berjualan pakaian maka Anda dapat menjelaskan ukuran, warna, jenis bahan dan kelebihan dari produk tersebut.
  8. Lampaui Harapan Pelanggan Anda atau minimal selalu tepati janji Anda. Jika Anda mengatakan barang akan dikirim dalam  3hari maka pastikan pesanan tersebut memang diantar dalam 3 hari.
  9. Jadwalkan kegiatan promo secara berkala, misal di akhir tahun Anda dapat mengadakan End Year Promo atau bisa juga mengadakan promo pada saat hari-hari istimewa/keagamaan.
  10. Buat dan bangun jaringan reseller atau dropshipping. Walaupun dengan reseller akan mengurangi margin/keuntungan namun dengan reseller akan meningkatkan jumlah transaksi toko online Anda.
  11. Jalin hubungan yang harmonis dengan suplier-suplier Anda dan tetap mencari supplier yang dapat memberikan harga yang lebih baik.
  12. Belajar, belajar, dan belajar. Baca buku, belajar dari situs bisnis, ikuti seminar, belajar kepada pengusaha yang sudah sukses.
  13. Pisahkan keuangan bisnis dari keuangan pribadi. Salah satu caranya adalah dengan membuat rekening bank yang khusus untuk transaksi toko online Anda.
  14. Sisihkan keuntungan bisnis toko online Anda untuk bujet marketing berbayar. Misal Anda dapat menggunakan jasa adwords untuk mengiklankan toko online Anda di halaman Google.
  15. Jangan lupa untuk tetap berdoa :)

Mungkin tips sukses toko online diatas terlihat simple, namun itulah yang saya lakukan dengan bisnis toko online saya. Jika ada yang kurang jelas silakan Anda berkomentar dibawah ini dan silakan klik icon sosial media dibawah untuk menshare tips ini ke akun sosial media Anda.