10 Manfaat Buah Dan Daun Sukun Untuk Kesehatan

Pastinya Anda sudah tidak asing langi dengan sukun karena sukun adalah salah satu jenis buah yang sering dimasak menjadi berbagai macam sajian. Salah satunya yang menjadi hidangan paling populer yaitu sukun goreng atau sukun rebus. Sukun tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja tetapi daun sukun juga bermanfaat sebagai tanaman obat.

Menurut penelitian ditemukan senyawa kuat daun sukun kering seperti zat anti inflamasi, riboflavin, asam hidrosianat, asetikolan dan juga tanin. Daun sukun kering juga mengandung zat anti oksidan tinggi dan beberapa jenis mineral lainya. Selama ini tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata daun sukun memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan.

Dibawah ini ada beberapa manfaat dari buah dan daun sukun beserta tips membuat ramuannya :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol didapatkan dari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan jenis lemak trans. Kolesterol tidak akan bisa digunakan oleh tubuh dan akan menumpuk dalam darah. Daun sukun ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol akan keluar dari bagian darah dan menjadi sisa-sisa metabolisme yang akan keluar lewat air seni atau tinja.

 

2. Mengobati Asam Urat

Asam urat bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah karena tingginya kadar asam dalam pembuluh darah. Penyakit ini sering terjadi pada orang tua atau lanjut usia dan disertai dengan beberapa keluhan lain seperti diabetes, stroke, atau hipertensi. Maka dari itu konsumsilah teh dari daun sukun yang sudah dikeringkan secara efektif bisa menurunkan asam urat secara berkala.

 

3. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab seperti komplikasi dari stroke, diabetes atau gagal ginjal. Selain itu pola metabolisme tubuh yang buruk bisa menyebabkan pembentukan plak dalam pembuluh darah, pengerasan pembuluh darah dan berbagai kelainan jantung lainnya. Untuk mengatasi dan menurunkan resiko penyakit jantung dapat menggunakan terapi daun suku agar tekanan darah dan aliran darah pada pembuluh darah menjadi lebih baik.

 

4. Mengobati Penyakit Pembesaran Limpa

Pembesaran limpa bisa disebabkan karena rusaknya sistem limpa dalam tubuh. Pemicunya adalah tubuh terlalu banyak menampung racun. Akibatnya enzim dan hormon dalam tubuh mengalami kerusakan dan berbagai macam makanan yang buruk membuat limpa tidak bisa berfungsi dengan baik. Daun sukun kering bermanfaat sebagai anti racun dan untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh.

 

5. Anti Pendarahan

Senyawa kimia dalam daun sukun kering dapat membantu melancarkan sistem pembuluh darah dan menghentikan darah encer pada ibu yang baru saja melahirkan sehingga bisa menghentikan pendarahan.

 

6. Menangkal Pembentukan Sel Kanker

Kanker bisa disebabkan oleh rusaknya sel-sel yang sehat bermutasi dan dapat menyebabkan kanker. Sel kanker bisa muncul disemua jenis organ tubuh manusia dan bermetastasis ke bagian organ tubuh yang lain. Untuk menurunkan resiko kanker dan menyembuhkan kanker maka rebusan daun sukun kering bisa menjadi pengganti kemoterapi.

 

7. Mengobati Alergi

Alergi disebabkan karena tubuh tidak bisa membentuk hormon dan enzim yang membuat sistem anti alergen untuk tubuh. Akibatnya maka tubuh mengalami beberapa kegagalan sistem dalam membuat kekebalan pada zat tertentu. Maka dari itu daun sukun yang kering sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah alergi.

 

8. Mengobati Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal menjadi penyakit yang sangat menakutkan karena penyakit gagal ginjal harus mencuci darah secara rutin. Efek dari pengobatan ini memang tidak cukup baik untuk tubuh sehingga sering membuat penderita tidak ingin menjalani cuci darah. Namun, ternyata daun sukun bermanfaat mengobatu penyakit ginjal karena daun sukun mengandung saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol. Kalium membuat batu ginjal berupa Ca-oksalat tercerai-berai. Endapan batu ginjal akhirnya larut keluar bersama urine.

 

9. Mengobati Penyakit Liver

Liver atau hati memiliki fungsi untuk menampung semua racun dalam tubuh dan menetralkannya kembali. Hati yang sudah digunakan oleh tubuh untuk menetralisir bisa mengalami kelainan karena kondisi metabolisme tubuh yang buruk. Daun sukun yang kering dapat bermanfaat untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan hati.

 

10. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi yang disebabkan karena lubang pada gigi menjadi salah satu keluhan yang umum. Rasa sakit akan menyerang ketika ada banyak bakteri dan kuman yang menumpuk pada lubang gigi. Daun sukun kering bermanfaat sebagai anti racun yang akan membunuh semua kuman dan bakteri pada lubang gigi. Caranya berkumur dengan teh dari rebusan daun sukun kering akan membuat menenangkan rasa sakit.

 

 

Tips Membuat Ramun Daun Sukun Kering

Untuk membuat ramuan daun sukun kering, jangan menggunakan daun sukun kering yang sudah jatuh ke tanah atau busuk. Berikut petunjuk untuk membuat teh dari daun sukun kering :

  • Pilih beberapa daun sukun yang sudah tua. 
  • Cuci daun sukun yang baru dipetik dengan air mengalir. 
  • Potong halus daun sukun yang masih basah. 
  • Jemur di bawah sinar matahari sampai kering. 
  • Rebus daun sukun yang sudah kering dan jika sudah tersisa setengahnya maka tambahkan lagi air hingga berwarna coklat dan kental. 
  • Saring rebusan daun sukun kering dan gunakan untuk pengobatan. 
  • Tambahkan madu atau gula batu untuk menghilangkan efek pahit.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author